TINDAK PIDANA PERKOSAAN ANAK DIFABEL DITINJAU DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL (Kajian Terhadap Putusan Nomor: 28/Pid.B/2013/PN.Skh)

ANDIRA, L NIKEN (2017) TINDAK PIDANA PERKOSAAN ANAK DIFABEL DITINJAU DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL (Kajian Terhadap Putusan Nomor: 28/Pid.B/2013/PN.Skh). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    ABSTRAK L. Niken Andira, E0012225. 2016. TINDAK PIDANA PERKOSAAN ANAK DIFABEL DITINJAU DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL (Kajian Terhadap Putusan Nomor: 28/Pid.B/2013/PN.Skh). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang faktor penyebab pelaku melakukan tindak pidana perkosaan terhadap anak difabel dan upaya penanggulangan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum dalam menangani kasus perkosaan terhadap anak difabel. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris bersifat diskriptif, dimana penulis ingin mengambarkan tentang faktor penyebab pelaku melakukan tindak pidana perkosaan dan upaya penanggulangan yang di lakukan oleh aparat penegak hukum. Sumber data yang digunakan dalam penelitian meliputi sumber data primer, data primer dan data tersier. Teknik pengumpulan bahan hukum yang di gunakan yaitu studi lapangan dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan analisis data interaktif dengan melakukan 3 komponen yaitu reduksi data dengan melakukan penyederhanaan hasil wawancara faktor penyebab terjadinya tindak pidana perkosaan yang dilakukan terhadap anak difabel oleh pelaku dan upaya penaggulangannya oleh penegak hukum. di lapangan, sajian data mendeskripsikan hasil wawancara dan memberikan simpulan hasil wawancara yang sudah ada. Tahap terakhir adalah menarik kesimpulan dari reduksi data dan sajian data yang telah di olah sehingga dapat di ketahui mengenai faktor penyebab terjadinya tindak pidana perkosaan yang dilakukan terhadap anak difabel oleh pelaku dan upaya penaggulangannya oleh penegak hukum. Berdasarkan hasil peneltian dan pembahasan maka penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut yaitu dalam kasus pemerkosaan terhadap anak difabel yang terjadi di Sukoharjo, terdapat tiga faktor yaitu : faktor keluarga dan lingkungan, faktor seksualitas dan faktor kemajuan ilmu dan teknologi. Mengkaji dari aspek ilmu etiologi kriminl penulis mengambil kesimpulan bahwa penyebab terjadinya perkosaan karena kedekatan pelaku sebagai guru dan korban sebagai murid, mengertinya pelaku tentang sifat korban dan kebutuhan khusus yang dimiliki korban menjadikan pelaku mudah melancarkan aksinya. Terdapat dua upaya penanggulangan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum dalam mengatasi tindak pidana pemerkosaan terhadap anak difabel yaitu secara preventif yang berhubungan dengan masyarakat luas dan secara represif yang berhubungan dengan pelaku tindak pidana serta korban. Kata kunci : Etiologi kriminal, perkosaan, anak difabel

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Mar 2017 22:40
    Last Modified: 24 Mar 2017 22:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32347

    Actions (login required)

    View Item