PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR (SPU) KELAS X SMA N 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITARESMI, KUN SASANTI (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR (SPU) KELAS X SMA N 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (606Kb)

    Abstract

    Kun Sasanti Sitaresmi. K3311047. PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR (SPU) KELAS X SMA N 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Sksipsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada sub pokok bahasan sifat keperiodikan unsur di SMA N 1 Teras Boyolali melalui penerapan Project Based Learning (PjBL), (2) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada sub pokok bahasan sifat keperiodikan unsur di SMA N 1 Teras Boyolali melalui penerapan Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2015/2016 semester gasal. Sedangkan objek penelitiannya adalah aktivitas dan prestasi belajar pada materi sifat keperiodikan unsur. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pengumpulan data pra penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data aktivitas belajar diperoleh melalui angket dan observasi, data prestasi belajar kompetensi pengetahuan diperoleh melalui tes, data prestasi belajar kompetensi sikap diperoleh melalui angket dan observasi, dan data prestasi belajar kompetensi keterampilan diperoleh melalui observasi. Data pada penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode project based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar pada materi sifat keperiodikan unsur siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2015/2016, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari 72,31 % pada siklus I menjadi 75,76 % pada siklus II, (2) penerapan metode project based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sifat keperiodikan unsur siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2015/2016, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar pada kompetensi pengetahuan yaitu 52,94 % pada siklus I menjadi 73,53 % pada siklus II, pada kompetensi sikap menunjukkan peningkatan dari 73,53 % pada siklus I menjadi 79,41 % pada siklus II dan pada kompetensi keterampilan menunjukkan peningkatan dari 82,35 % pada siklus I menjadi 97,06 % pada siklus II. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), aktivitas belajar, prestasi belajar, sifat keperiodikan unsur

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Mar 2017 22:34
    Last Modified: 24 Mar 2017 22:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32345

    Actions (login required)

    View Item