Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Structured Numbered Heads dan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2015 / 2016

KHOTIMAH, KHUSNUL (2017) Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Structured Numbered Heads dan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (602Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Khusnul Khotimah. EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS X SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads, Two Stay Two Stray dan Ekspositori,(2) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads dengan metode pembelajaran Ekspositori,(3) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan metode pembelajaran Ekspositori, dan (4) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakanmetode pembelajarankooperatif tipe Structured Numbered Headsdengan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Straypada peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bandar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X.3, X.5 dan X.6. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Satu Jalan (One Way Anava) dan uji lanjut pasca anava (Scheffe’) dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut:(1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads, Two Stay Two Straydan Ekspositori,(2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads lebih efektif daripada hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Ekspositori,(3) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih efektif daripada hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Ekspositori, dan(4) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads lebih efektif daripada hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Kata kunci : penelitian eksperimen, Structured Numbered Heads, Two Stay Two Stray

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Mar 2017 22:32
    Last Modified: 24 Mar 2017 22:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32344

    Actions (login required)

    View Item