Pengaruh Profitabilitas, Umur Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting

YAHYA, HIZRIANSYAH (2017) Pengaruh Profitabilitas, Umur Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (875Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, umur perusahaan, ukuran dewan komisaris, ukuran dewan pengawas syariah terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) paa Bank Umum Syariah. Pengungkapan ISR diukur dengan cara memberi nilai pada indeks ISRyang diperoleh dari hasil content analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah BUS periode 2011-2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode puposive sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 11 bank syariah dengan 55 annual report. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari annual report. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji dari regresi berganda menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR. Umur perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan ISR. Variabel lainnya, yakni ukuran dewan komisaris berpengaruh positif terhadap ISR dan ukuran dewan pengawas syariah berpengaruh negatif pengungkapan ISR.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 24 Mar 2017 19:21
    Last Modified: 24 Mar 2017 19:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32339

    Actions (login required)

    View Item