Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik

S, HENRYKUS TITIS (2017) Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (605Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pengaruh antara penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh antara kecerdasan linguistik tinggi dan kecerdasan linguistik rendah terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dan kecerdasan linguistik terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas VII SMP Negeri Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain faktorial eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Kota Madiun. Pemilihan sampel ditentukan dengan cara mengambil tiga sekolah secara acak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar matematika, sedangkan angket digunakan untuk mengukur kecerdasan linguistik. Kelompok eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI), sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan Problem Based Learning (PBL). Uji hipotesis menggunakan rancangan desain faktorial 2x2 dengan teknik Analisis Varians Dua Jalan (Two Ways Anava) dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang diberi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar matematika. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dari pada pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL), (2) terdapat perbedaan pengaruh pada siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah terhadap prestasi belajar matematika. Siswa yang memliki kecerdasan linguistik tinggi prestasinya lebih baik dari pada siswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah, dan (3) terdapat interaksi pengaruh dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), Problem Based Learning (PBL), dan kecerdasan linguistik terhadap prestasi belajar matematika. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, Problem Based Learning (PBL), Prestasi, Kecerdasan Linguistik

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Adhika Pri Ardhana
    Date Deposited: 24 Mar 2017 19:05
    Last Modified: 24 Mar 2017 19:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32334

    Actions (login required)

    View Item