PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Eksperimen Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Se-Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)

DWIMARTA, RAHMASARI (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Eksperimen Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Se-Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (529Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ( 1 ) perbedaan keterampilan menulis deskripsi siswa yang diajar dengan metode pembelajaran sugestopedia dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran langsung; ( 2 ) perbedaan keterampilan menulis deskripsi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; ( 3 ) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan eksperimental semu (Quasi experimental dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitia ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri se-Kota Surakarta; sampel penelitian 5 SD diambil dari masing-masing kecamatan di Kota Surakarta dengan multy stage sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengambil data keterampilan menulis deskripsi; angket digunakan untuk menjaring data motivasi belajar siswa. Uji validitas tes keterampilan menulis deskripsi menggunakan validitas expert, isi dan konstruk. Uji validitas butir pernyataan angket motivasi belajar menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas tes keterampilan menulis deskripsi dengan teknik uji reliabilitas rating sedangkan uji reliabilitas butir pernyataan angket motivasi belajar dengan koefisien α cronbach. Uji normalitas menggunakan metode Lilliefors, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Varian Dua jalan (ANAVA Dua Jalan), dilanjutkan uji kefektifan menggunakan scheffe. Berdasarkan analisi data, pertama, keterampilan menulis deskripsi siswa yang diajar dengan metode sugestopedia lebih baik daripada keterampilan menulis deskripsi siswa yang diajar dengan metode langsung. Kedua, keterampilan menulis deskripsi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada keterampilan menulis deskripsi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Ketiga, ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Dengan uji komparasi ganda ( a ) Pada metode pembelajaran sugestopedia, keterampilan menulis deskripsi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah. ( b ) Pada metode pembelajaran langsung, keterampilan menulis deskripsi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah. ( c ) Pada siswa yang memiliki motivasi tinggi, keterampilan menulis deskripsi siswa yang dikenai metode pembelajaran sugestopedia lebih baik daripada siswa yang dikenai metode pembelajaran langsung. ( d ) Pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dikenai metode pembelajaran Sugestopedia menghasilkan keterampilan menulis deskripsi yang sama dengan siswa yang dikenai metode pembelajaran Langsung, Kata kunci: metode sugestopedia, motivasi belajar, keterampilan menulis deskripsi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Aris Setiyoko
    Date Deposited: 24 Mar 2017 16:37
    Last Modified: 24 Mar 2017 16:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32318

    Actions (login required)

    View Item