Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah ( Studi Kasusu Kelas XII SMA Negeri Gondagrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016

MARYATI, MARYATI (2017) Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah ( Studi Kasusu Kelas XII SMA Negeri Gondagrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (350Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Maryati. PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH (Studi Kasus Kelas XII SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran; (3) Evaluasi pembelajaran sejarah dengan menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran; dan (4) Kendala pembelajaran sejarah dengan menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menekankan proses dan makna dari kegiatan ataupun informasi keadaan yang sedang berlangsung. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pengujian data dilakukan melalui triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran dengan membuat RPP yang meliputi: merumuskan tujuan pembelajaran, menpersiapkan alat-alat evaluasi, merancang dan menetapkan kegiatan mengajar, merencanakan program kegiatan; (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran dengan diputarkan film dokumenter sejarah berjudul “Apocalypse eps 6” dibagian inti pembelajaran sejarah setelah apersepsi; setelah pemutaran film, guru akan sedikit memberi penjelasan tentang film tersebut; (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan pengambilan nilai tes dan non tes; dan (4) Kendala dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan film dokumenter yaitu kesulitan mendapat film yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator dan kemampuan guru dalam bidang teknologi yang masih terbatas. Kata kunci: Film Dokumenter, Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah Sistem Upload Eprints Logout

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 24 Mar 2017 13:59
    Last Modified: 24 Mar 2017 13:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32277

    Actions (login required)

    View Item