TRANSFORMASI SPASIAL PERMUKIMAN PERDESAAN DI PINGGIRAN KOTA SURAKARTA DALAM FENOMENA URBANISASI IN SITU STUDI KASUS DESA GENTAN KABUPATEN SUKOHARJO

P, LIA SPARINGGA (2017) TRANSFORMASI SPASIAL PERMUKIMAN PERDESAAN DI PINGGIRAN KOTA SURAKARTA DALAM FENOMENA URBANISASI IN SITU STUDI KASUS DESA GENTAN KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (438Kb)

    Abstract

    Surakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang tumbuh dengan sangat cepat, yang mengakibatkan fenomena urbanisasi in situ terhadap wilayah perdesaan disekitarnya. Gentan adalah salah satu desa yang telah mengalami transformasi spasial yang cepat dari permukiman perdesaan menjadi permukiman perkotaan dalam kurun waktu dua puluh tahun terakhir (1995-2016). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengklarifikasi terjadinya transformasi spasial di wilayah Desa Gentan melalui pengamatan terhadap elemen-elemen spasialnya dalam pengamatan resolusi tinggi (skala lingkungan/neighborhood) meliputi : (1) transformasi jaringan jalan yang meliputi kuantitas jaringan jalan, konektivitas, serta ketersediaan jalur transportasi, (2) pola penggunaan lahan, (3) kepadatan bangunan, dan (4) fasilitas lingkungan dan aksesibilitasnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data sekunder yang didapatkan dari instansi pemerintahan dan data primer yang didapatkan dari observasi lapangan yang digunakan untuk verifikasi data sekunder. Dari hasil pengamatan terhadap elemen spasial Desa Gentan, penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa wilayah penelitian berubah menuju karakteristik perkotaan. Penelitian ini juga menemukan melalui analsisinya bahwa terdapat anomali pada perubahan konektivitas internal yang mengalami penurunan karena adanya pertumbuhan tipe jalan cul-de-sac yang mendominasi wilayah, guna lahan residensial yang mendominasi perubahan guna lahan serta guna lahan komersial yang tersebar memanjang yang mengindikasikan adanya fenomena urban sprawl, dan fluktuasi jarak tempuh fasilitas lingkungan terhadap permukiman (residensial) yang terjadi akibat pertumbuhan jumlah fasilitas lingkungan di wilayah penelitian yang tersebar tidak merata.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 24 Mar 2017 12:43
    Last Modified: 24 Mar 2017 12:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32265

    Actions (login required)

    View Item