Kajian Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Tsunami Di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Tahun 2016 (Sebagai Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi SMA Kelas X Semester Genap pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam)

SETIO UTOMO, KUKUH (2017) Kajian Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Tsunami Di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Tahun 2016 (Sebagai Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi SMA Kelas X Semester Genap pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1010Kb)

    Abstract

    Kukuh Setio Utomo. K5412042. Kajian Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Tsunami Di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Tahun 2016 (Sebagai Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi SMA Kelas X Semester Genap pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kesiapsiagaan individu terhadap bencana tsunami di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen (2) Kesiapsiagaan komuntas sekolah terhadap bencana tsunami di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen (3) Kesiapsiagaan pemerintah terhadap bencana tsunami di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen (4) Upaya yang dilakukan oleh individu, komunitas sekolah, dan pemerintah untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana tsunami di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan spasial. Teknik pengambilan sampel yaitu tehnik sampel wilayah. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan panduan rumus indeks yang bersumber dari LIPI (2006) dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesiapsiagaan individu termasuk dalam kategori siap dengan nilai indeks rata-rata 67,06. (2) Kesiapsiagaan komunitas sekolah termasuk dalam kategori siap dengan nilai indeks rata-rata 68,25. (3) kesiapsiagaan pemerintah termasuk dalam kategori siap dengan nilai indeks rata-rata 68. (4) Upaya yang dilakukan oleh individu untuk meningkatkan kesiapsiagaan yaitu dengan mengikuti sosialisasi dan simulasi. Sekolah menerapkan pengetahuan kebencanaan dalam materi pembelajaran, sedangkan pemerintah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan kordinasi dengan pihak terkait. Kata Kunci : Bencana, Tsunami, Kesiapsiagaan, Individu, Rumah Tangga, Komunitas Sekolah, Pemerintah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 24 Mar 2017 12:33
    Last Modified: 24 Mar 2017 12:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32262

    Actions (login required)

    View Item