PERUBAHAN KARAKTER FISIOLOGIS DAN MIKROBIOLOGIS BUAH CABAI MERAH (Capsicum annuum L.) SELAMA PENYIMPANAN POT IN POT, SUHU DINGIN, DAN SUHU RUANG

Y, NOVARIA PUTRI (2017) PERUBAHAN KARAKTER FISIOLOGIS DAN MIKROBIOLOGIS BUAH CABAI MERAH (Capsicum annuum L.) SELAMA PENYIMPANAN POT IN POT, SUHU DINGIN, DAN SUHU RUANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (107Kb)

    Abstract

    Buah cabai merah (Capsicum annuum L.) merupakan komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Cabai merah memiliki kandungan air yang tinggi mencapai 90,09 %, tumbuh dekat tanah, dan memiliki kulit yang tipis sehingga mudah diserang oleh mikroba dan mengalami kerusakan. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya suatu inovasi alternatif yang mudah dan murah untuk menanggulangi kendala pasca panen tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa teknik penyimpanan dengan metode pot in pot dapat digunakan sebagai pengganti lemari es (refrigator) dalam menyimpan cabai merah. Penelitian ini bersifat eksperimental dan menggunakan perlakuan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun faktorial dengan 5 ulangan. Faktor perlakuan meliputi perlakuan suhu penyimpanan dan lama penyimpanan. Faktor 1 yaitu metode penyimpanan yang meliputi suhu dingin (6ºC), pot in pot (±15-20o C), dan suhu ruang (±28° C). Faktor 2 yaitu lama penyimpanan yang meliputi hari ke-0, 5, 10, dan 15. Pada penelitian ini dilakukan pengujian parameter fisik dan mikrobiologis pada buah cabai merah. Parameter fisik meliputi warna, kekerasan, susut bobot, dan kadar air buah. Parameter mikrobiologis meliputi Total Plate Count (TPC) dan jumlah Angka Kapang Khamir (AKK). Pengukuran parameter dilakukan setiap 5 hari sekali. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dan apabila terdapat beda nyata maka dilanjutkan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test) dengan taraf uji 5%. Kata Kunci : Cabai Merah, Penyimpanan Buah, Parameter Mikrobiologis, Parameter Fisik, Pot in Pot.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QK Botany
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 24 Mar 2017 12:14
    Last Modified: 24 Mar 2017 13:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32256

    Actions (login required)

    View Item