PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY DAN POTENSI LOKAL PADA MATERI FUNGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 8 YOGYAKARTA

FAIZAH, KHOIROTUL (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY DAN POTENSI LOKAL PADA MATERI FUNGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 8 YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (544Kb)

    Abstract

    Khoirotul Faizah. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Discovery dan Potensi Lokal pada Materi Fungi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X SMAN 8 Yogyakarta. Tesis. Pembimbing I: Dr. Suciati, M.Pd., Pembimbing II: Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Sains. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakteristik modul berbasis discovery dan potensi lokal pada materi Fungi; 2) Mengetahui kelayakan modul berbasis discovery dan potensi lokal pada materi Fungi; 3) Mengetahui keefektivan discovery dan potensi lokal pada materi Fungi. Penelitian ini merupakan adaptasi dari penelitian pengembangan Borg & Gall (1983) yang meliputi: 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi/ research and collecting information; 2) Perencanaan/ planning; 3) Pengembangan Produk Awal/ develop preliminary form of product; 4) Uji Coba Awal/ preliminary field testing; 5) Revisi Produk Utama/ main product revision; 6) Uji Lapangan Utama/ main field testing; 7) Revisi Produk Operasional/ operational product revision; 8) Uji Lapangan Operasional/ operational field testing; 9) Revisi Produk Akhir/ final product revision; 10) Diseminasi dan Implementasi/ dissemination and implementation. Analisis uji menggunakan independent samples t-test. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Karakteristik modul berbasis discovery dan potensi lokal dikembangkan berdasarkan analisis potensi lokal fungi dan model pembelajaran discovery (stimulasi, merumuskan masalah,mengumpulkan data, mengolah data, verifikasi, dan generalisasi); 2) Kelayakan modul diperoleh berdasarkan hasil penilaian ahli materi memperoleh skor 100; ahli pengembangan modul memperoleh skor 81,52; ahli bahasa memperoleh skor 88,89; ahli perangkat pembelajaran emperoleh skor 90,42; rata-rata penilaian guru memperoleh skor 89,04; serta rata-rata penilaian siswa memperoleh skor 88,41; 3) Modul berbasis discovery dan potensi lokal pada materi Fungi terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa, didasarkan pada hasil uji independent samples t-test menunjukkan adanya perbedaan hasil post-test antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh sig 0,000<0,05, serta peningkatan rata-rata N-gain sebesar 0,77 yang termasuk kualifikasi tinggi. Kata kunci : potensi lokal, model pembelajaran discovery, materi fungi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 24 Mar 2017 07:45
    Last Modified: 24 Mar 2017 07:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32240

    Actions (login required)

    View Item