PERBEDAAN PENGARUH METODE DRILL DAN METODE BERMAIN TERHADAP SMASH KEDENG PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA MAHASISWA PEMBINAAN PRESTASI SEPAK TAKRAW PRODI PENJASKESREK-PENKEPOR FKIP UNS TAHUN 2016

Redondo, Giovanno (2017) PERBEDAAN PENGARUH METODE DRILL DAN METODE BERMAIN TERHADAP SMASH KEDENG PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA MAHASISWA PEMBINAAN PRESTASI SEPAK TAKRAW PRODI PENJASKESREK-PENKEPOR FKIP UNS TAHUN 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1509Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Giovanno Redondo K5612034. “PERBEDAAN PENGARUH METODE DRILL DAN METODE BERMAIN TERHADAP SMASH KEDENG PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA MAHASISWA PEMBINAAN PRESTASI SEPAK TAKRAW DI PENJASKESREK-PENKEPOR FKIP UNS TAHUN 2016”. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret., Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap smash kedeng permainan sepak takraw pada mahasiswa pembinaan prestasi sepak takraw di Penjaskesrek- Penkepor FKIP UNS tahun 2016 (2) dan pengaruhnya yang lebih baik antara metode drill dan metode bermain terhadap smash kedeng permainan sepak takraw pada mahasiswa pembinaan prestasi sepak takraw di Penjaskesrek- Penkepor FKIP UNS tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian Pretest-Postest Design. Pretest subjek dipisahkan dalam dua kelompok seimbang dengan menggunakan ordinal pairing dimana sample yang mempunyai kemampuan setara dipasangkan lalu anggota tiap pasang dipisah dalam dua kelompok. Pembagian kelompok eksperimen didasarkan pada prestasi kemampuan smash kedeng. Hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap smash kedeng permainan sepak takraw pada mahasiswa pembinaan prestasi sepak takraw di JPOK FKIP UNS tahun 2016 (t hitung = 2,797 > t tabel = 2,032). (2) Metode drill mempunyai pengaruh lebih baik daripada metode bermain terhadap smash kedeng permainan sepak takraw pada mahasiswa pembinaan prestasi sepak takraw di JPOK FKIP UNS tahun 2016. Kelompok I dengan metode bermain memiliki peningkatan smash kedeng sebesar 59,41%. Sedangkan kelompok II dengan metode bermain memiliki peningkatan smash kedeng sebesar 25,00 %. Kata kunci: Metode Drill, Metode Bermain, Smash Kedeng.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 23 Mar 2017 22:10
    Last Modified: 23 Mar 2017 22:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32214

    Actions (login required)

    View Item