Pemaknaan Simbol dalam Kesenian Tari Jaran Kepang (Studi Kasus pada Paguyuban Turonggo Mudho Lestari Desa Pringsari Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang)

Nugrahenni, Astri (2017) Pemaknaan Simbol dalam Kesenian Tari Jaran Kepang (Studi Kasus pada Paguyuban Turonggo Mudho Lestari Desa Pringsari Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (339Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ASTRI NUGRAHENNI, D0212022, PEMAKNAAN SIMBOL DALAM KESENIAN TARI JARAN KEPANG (Studi Kasus pada Paguyuban Jaran Kepang Turonggo Mudho Lestari Desa Pringsari Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang). Skripsi (S-1). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2016. Seiring perkembangan jaman, terjadi perubahan makna pada Tari Jaran Kepang. Demikian juga yang terjadi pada di Desa Pringsari, semula terjadi penyimpangan yang tidak sesuai dengan esensi kesenian tersebut. Penelitian ini mendiskripsikan pemaknaan terhadap Tari Jaran Kepang pada paguyuban Turonggo Mudho Lestari baik dari masyarakat maupun pelaku tari. Teori yang digunakan yakni interaksi simbolik Herbert Mead. Asumsidasarteoriinteraksisimbolikmeliputi: manusia bertindak terhadap benda berdasarkan arti yang dimilikinya, (2) asal-muasal arti atas benda-benda tersebut muncul dari interaksi sosial yang dimiliki seseorang, (3) makna yang demikian ini diperlakukan dan dimodifikasikan melalui proses interpretasi yang digunakan oleh manusia dalam berurusan dengan benda-benda lain yang diterimanya. Metodepenelitian yang digunakanadalahkualitatifdenganpendekatanstudikasus. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam menentukan informan, dan menggunakan trianggulasi sumber. Adapun analisis data menggunakan model interaktif Miles-Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatpraktekkomunikasi ritual padapertunjukkanTariJaranKepangTuronggoMudho Lestari. SimbolTariJaranKepang terdapat pada gerak, busana dan riasan, properti seperti ebeg serta sesaji, dan iringan musik. Keberadaan kesenian Tari Jaran Kepang TuronggoMudho Lestari dimaknai secara berbeda-beda. Ada masyarakat yang kurang setuju dan ada yang mendukung.SedangkanbagianggotapaguyubanTariJaranKepangdimaknaisebagaikegiatan yang positif. TindakantersebutmunculberdasarkanmaknaseseorangterhadapTariJaranKepang. Hal itu diperoleh melalui interaksi sosial. Seiring perkembangan paguyuban, makna terhadap Tari Jaran Kepang terus-menerus dinegosiasikan dan mengalami perubahan. Kata kunci: komunikasi ritual, simbol, pemaknaan, Tari Jaran Kepang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 23 Mar 2017 21:00
    Last Modified: 23 Mar 2017 21:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32194

    Actions (login required)

    View Item