PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI DENGAN MODEL COMPETENCY BASED TRAINING (CBT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIKLAT DI BALAI LATIHAN KERJA KOTA SURAKARTA

RISTIYANI, INDRASTUTI (2017) PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI DENGAN MODEL COMPETENCY BASED TRAINING (CBT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIKLAT DI BALAI LATIHAN KERJA KOTA SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1125Kb)

    Abstract

    Indrastuti Ristiyani. 2016. Pengembangan Modul Akuntansi Dengan Model Competency Based Training Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Diklat Di Balai Latihan Kerja Kota Surakarta TESIS. Pembimbing: Prof. Dr. Siswandari, M.Stats. Kopembimbing: Dr. Sudiyanto, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan modul akuntansi dengan model Competency Based Training untuk meningkatkan kompetensi peserta diklat di Balai Latihan Kerja Kota Surakarta pada unit kompetensi memroses entry jurnal. Penelitian pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model Dick, Carey dan Carey yang dimodifikasi terdiri dari 9 tahap yaitu: 1) Identifikasi tujuan pembelajaran, 2) melakukan analisis instruksional, 3) menganalisis siswa dan konteks, 4) merumuskan tujuan khusus/ unjuk kerja, 5) mengembangkan instrument penilaian, 6) mengembangkan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan dan memilih bahan intruksional, 8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, 9) Revisi bahan ajar. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis kompetensi peserta diklat melalui uji t-test. Produk pengembangan diujicobakan di Balai Latihan Kerja kota Surakarta melalui evaluasi formatif dengan beberapa tahap yaitu: review ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli praktisi, uji coba kelompok kecil sebanyak 8 peserta diklat dan uji coba lapangan sebanyak 32 peserta diklat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan modul akuntansi dengan model Competency Based Training efektif meningkatkan kompetensi peserta diklat di Balai Latihan Kerja kota Surakarta. Hal ini didasarkan dengan adanya kenaikan rata-rata nilai kompetensi dari pre-test ke post-test. Hasil uji-t menunjukkan bahwa pada mean before (pre-test) sebesar (62,06) dan mean after (post-test) sebesar (79,25) sehingga ada peningkatan sebesar 17,19 poin. Dengan demikian terbukti bahwa modul akuntansi dengan model Competency Based Training efektif meningkatkan kompetensi peserta diklat di Balai Latihan Kerja kota Surakarta. Kata kunci: Modul, Competency Based Training, Kompetensi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 23 Mar 2017 19:50
    Last Modified: 23 Mar 2017 19:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32190

    Actions (login required)

    View Item