Eksperimentasi Pembelajaran Think Pair Share dan Tink Talk Write dengan Mind Mapping pada MAteri Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/217

HARDIYANTI, ARIF (2017) Eksperimentasi Pembelajaran Think Pair Share dan Tink Talk Write dengan Mind Mapping pada MAteri Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/217. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1495Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi lebih baik, model pembelajaran TPS Mind Mapping, TTW Mind Mapping atau model pembelajaran langsung. (2) manakah di antara kategori kecerdasan matematis logis yang memberikan prestasi belajar belajar matematika lebih baik, kecerdasan matematis logis tinggi, sedang, atau rendah. (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis tinggi, sedang, atau rendah. (4) pada masing-masing kecerdasan matematis logis (tinggi, sedang dan rendah), manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran TPS Mind Mapping, TTW Mind Mapping atau pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 × 3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan tes kecerdasan matematis logis. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama dan uji lanjut pasca anava menggunakan metode Scheffe. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) model pembelajaran TPS Mind Mapping menghasilkan prestai belajar sama baik dengan model pembelajaran TTW Mind Mapping, model pembelajaran TPS Mind Mapping dan TTW Mind Mapping menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran langsung. (2) prestasi siswa dengan kecerdasan matematis logis tinggi lebih baik daripada prestasi siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang maupun rendah, sedangkan prestasi siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan matematis logis rendah, (3) pada masing-masing kategori kecerdasan matematis logis (tinggi, sedang maupun rendah), prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran TPS Mind Mapping sama baiknya dengan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran TTW Mind Mapping, prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran TPS Mind Mapping lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran langsung, dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran TTW Mind Mapping lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. (4) Pada masing-masing model pembelajaran (TPS Mind Mapping, TTW Mind Mapping, maupun langsung), prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis sedang lebih baik daripada siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis rendah. Kata kunci : Think Talk Write, Think Pair Share, Mind Mapping, Kecerdasan Matematis Logis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 23 Mar 2017 17:51
    Last Modified: 23 Mar 2017 17:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32171

    Actions (login required)

    View Item