PENCARIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI POLITIK (Hubungan Sumber Informasi Tentang Pilkada Serentak 2015 dan Jenis Kelamin dengan Partisipasi Politik Di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2014 dan 2015)

Kurniawan, Danny Adam (2017) PENCARIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI POLITIK (Hubungan Sumber Informasi Tentang Pilkada Serentak 2015 dan Jenis Kelamin dengan Partisipasi Politik Di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2014 dan 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1835Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Danny Adam Kurniawan, D0211023, PENCARIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI POLITIK (Hubungan Sumber Informasi Tentang Pilkada Serentak 2015 dan Jenis Kelamin dengan Partisipasi Politik Di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2014 dan 2015), Skripsi, Jurusan llmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Februari 2017. Pilkada langsung serentak merupakan cara pemilihan kepala daerah secara langsung yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia. Para pemilih untuk dapat menentukan pilihan Kepala Daerah memerlukan sumber informasi, baik laki-laki atau perempuan. Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat penting untuk berpartisipasi politik dalam Pilkada serentak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan sumber informasi dalam pemilihan calon kepala daerah pilkada serentak dengan partisipasi politik mahasiswa FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2014 dan 2015. (2) hubungan antara jenis kelamin dengan partisipasi politik mahasiswa FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2014 dan 2015. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FISIP UNS dan jumlah sampel penelitian sebanyak 180 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik estimated parameter. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji t-test. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) ada hubungan antara sumber informasi dalam pemilihan calon kepala daerah pilkada serentak terhadap partisipasi politik mahasiswa FISIP UNS. (2) tidak ada hubungan jenis kelamin dengan partisipasi politik mahasiswa FISIP UNS. Kata kunci: Partisipasi Politik, sumber informasi, jenis kelamin.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 23 Mar 2017 17:43
    Last Modified: 23 Mar 2017 17:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32165

    Actions (login required)

    View Item