Keterampilan Menulis Ikhtisar Buku dalam Kaitannya dengan Penguasaan Piranti Kohesi Koherensi dan Kemampuan Bernalar (Survei pada Siswa kelas X di SMAN Kota Surakarta Tahun 2016)

SETIAWAN, AGUS (2017) Keterampilan Menulis Ikhtisar Buku dalam Kaitannya dengan Penguasaan Piranti Kohesi Koherensi dan Kemampuan Bernalar (Survei pada Siswa kelas X di SMAN Kota Surakarta Tahun 2016). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1083Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya hubungan antara penguasaan piranti kohesi koherensi dan keterampilan menulis ikhtisar buku; 2) ada tidaknya hubungan antara kemampuan bernalar dengan keterampilan menulis ikhtisar buku; dan 3) ada tidaknya hubungan antara penguasaan piranti kohesi koherensi dan kemampuan bernalar secara bersama-sama dengan keterampilan menulis ikhtisar buku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan studi korelasional. Populasi penelitian ini terdapat 8 SMA Negeri di Kota Surakarta. Sampel terdiri atas 170 siswa di Kota Surakarta yang diambil dari tiga sekolah, yaitu: SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 5 Surakarta, dan SMA Negeri 7 Surakarta sebagai kelas uji instrumen. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji persyaratan dan uji instrumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data keterampilan menulis ikhtisar buku menggunakan teknik tes dengan praktik menulis ikhtisar buku; (2) pengumpulan data penguasaan piranti kohesi koherensi dan kemampuan bernalar menggunakan teknik tes dengan menjawab pertanyaan dari tes obyektif. Variabel tes menulis ikhtisar buku divalidasi dengan validitas isi dan konstruk, sedangkan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas rating atau interater reliability; validitas tes penguasaan piranti kohesi koherensi dan kemampuan bernalar menggunakan rumus koefisien korelasi point biserial dan reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: deskripsi data, uji persyaratan analisis, uji hipotesis, dan prosedur analisis pembuktian hipotesis. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut; 1) ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan piranti kohesi koherensi dan keterampilan menulis ikhtisar buku dengan hasil uji signifikansi sebesar 4,17, hasil korelasi sebesar 0,31, dan hasil kontribusi sebesar 9,38%, 2) ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dan keterampilan menulis ikhtisar buku dengan hasil uji signifikansi sebesar 8,22, hasil korelasi sebesar 0,54 dan hasil kontribusi sebesar 28,70%, dan 3) ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan piranti kohesi koherensi dan kemampuan bernalar secara bersama-sama dengan keterampilan menulis ikhtisar buku dengan hasil uji signifikansi sebesar 33,52, hasil korelasi sebesar 0,63, dan hasil kontribusi sebesar 40,15%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemampuan bernalar memberikan sumbangan kontribusi terbesar pada keterampilan menulis ikhtisar buku. Kata Kunci: keterampilan menulis ikhtisar buku, penguasaan piranti kohesi koherensi, kemampuan bernalar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 23 Mar 2017 17:32
    Last Modified: 23 Mar 2017 17:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32158

    Actions (login required)

    View Item