PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI DI KELAS XI AKUNTANSI SMK BATIK 2 SURAKARTA

Aprilia, Ika (2017) PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI DI KELAS XI AKUNTANSI SMK BATIK 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (903Kb)

    Abstract

    Ika Aprilia. K7412092. PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI DI KELAS XI AKUNTANSI SMK BATIK 2 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Jenis penelitian ini adalah ex-post factobertujuan untuk menguji (1) pengaruh Self-Efficacy terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran produktif akuntansi; (2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran produktif akuntansi; dan (3) pengaruh SelfEfficacy dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran produktif akuntansi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 63 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda sebagai pengujian hipotesis. Keabsahan instrumen diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Self-Efficacy terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran produktif akuntansi yang dilihat dari nilai thitung > ttabel (10,277 > 2,000), pada taraf signifikansi 5%, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran produktif akuntansi yang dilihat dari nilai thitung >ttabel (11,445 > 2,000), pada taraf signifikansi 5%, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan SelfEfficacy dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran produktif akuntansi yang dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (78,121 > 3,15), pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci : Self-Efficacy, motivasi berprestasi, kemandirian belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 22 Oct 2017 01:43
    Last Modified: 22 Oct 2017 01:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32155

    Actions (login required)

    View Item