IMPLEMENTASI GREEN CAMPUS BIDANG ENERGI DAN PERUBAHAN IKLIM (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret)

WINA AMY, LYD (2017) IMPLEMENTASI GREEN CAMPUS BIDANG ENERGI DAN PERUBAHAN IKLIM (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (50Kb)

    Abstract

    Green Campus dan penggunaan energi listrik sangat erat kaitannya dengan pemanasan global dan perubahan iklim. Penggunaan energi listrik yang berlebihan dapat menyebabkan masalah lingkungan, salah satunya kekurangan energi listrik yang dapat menganggu aktivitas manusia. Kebutuhan energi listrik saat ini semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan kemajuan teknologi informasi. Green Campus bidang energi dan perubahan iklim merupakan salah satu upaya dari Perguruan tinggi untuk mengurangi dampak pemanasan global dengan konservasi energi sebagai dampak dari kebutuhan energi listrik yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah penggunaan dan tagihan energi listrik, Intensitas Konsumsi Energi (IKE), serta pengetahuan, persepsi, dan partisipasi sivitas akademika terhadap implementasi program green campus bidang energi dan perubahan Iklim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jenis data yang digunakan yaitu data primer berupa pengetahuan, persepsi dan partisipasi sivitas akademika terkait program green campus bidang energy dan perubahan iklim di FEB UNS. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan kategorisasi jenjang. Hasil dari penelitian ini adalah total konsumsi energi listrik di FEB UNS selama 2011 sampai dengan 2016 pertengahan tahun adalah 3.031.533 kWh dan total Biaya tagihan energi nya adalah Rp 2.551.326.502,-. Intensitas Konsumsi Energi (IKE) listrik gedung di FEB UNS per bulan dari Juli 2015 – Juni 2016 dengan rata-rata sebesar 3,29 kWh/m2/bulan. Sebanyak 65,50 % dari sivitas akademika mempunyai pengetahuan yang cukup tentang program green campus. Sebanyak 71,5 % mempunyai persepsi yang baik tentang program green campus, dan 45,5 % dari sivitas akademika mempunyai partisipasi yang cukup dalam tindakan implementasi program green campus bidang energi dan perubahan iklim di FEB UNS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Aris Setiyoko
    Date Deposited: 23 Mar 2017 16:15
    Last Modified: 23 Mar 2017 16:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32147

    Actions (login required)

    View Item