Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Core Self Evaluation pada Komitmen Organisasional Karyawan (Studi pada karyawan PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri)

UMAR, M.LINGGAR BALYA (2017) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Core Self Evaluation pada Komitmen Organisasional Karyawan (Studi pada karyawan PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1431Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN CORE SELF EVALUATIONPADA KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN (Studi pada Karyawan PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri) Oleh: MUHAMMAD LINGGAR BALYA UMAR NIM. F0212067 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional dan core self evaluation pada komitmen organisasi karyawan dengan obyek penelitian karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Giri Tirta Sari Wonogiri. Variabel dalam penelitian ini adalah Kepemimpinan transformasional sebagai variabel independen, Komitmen organisasi karyawan sebagai variabel dependen dan Core Self Evaluation sebagai variabel moderator. Kepemimpinan transformasional sebagai variabel independen mempunyai 5 dimensi, yaitu idealized influence atribut, idealized influence behavior, individualized consideration, intellectual stimulation, individual support. Komitmen organisasi sebagai variabel dependen terdiri dari tiga dimensi, yaitu affective, continuance dan normative Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Giri Tirta Sari Wonogiri yang berjumlah 175 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang dari berbagai divisi. Data diambil dengan menggunakan metode convenience sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan multiple linear regression analysis dan untuk menguji pengaruh interaksi menggunakan metode moderated regression analysis yang diolah dengan bantuan software SPSS Versi 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara variabel Kepemimpinan transformasional dan Core self evaluation terhadap variabel komitmen organisasi. Variabel kepemimpinan transformasional dan Core self evaluation masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel komitmen organisasi Kata kunci : Kepemimpinan transformasional, Core- self evaluation dan komitmen organisasional

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 23 Mar 2017 15:09
    Last Modified: 23 Mar 2017 15:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32139

    Actions (login required)

    View Item