Hubungan antara pengetahuan lingkungan hidup dan prestasi belajar geografi dengan sikap peduli Lingkungan pada siswa sma negeri di kabupaten karanganyar.

FAUZI, M. ICHWAN (2017) Hubungan antara pengetahuan lingkungan hidup dan prestasi belajar geografi dengan sikap peduli Lingkungan pada siswa sma negeri di kabupaten karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    ABSTRAK M.Ichwan Fauzi. 2016, Hubungan antara pengetahuan lingkungan hidup dan prestasi belajar geografi dengan sikap peduli Lingkungan pada siswa sma negeri di kabupaten karanganyar. Pembimbing I: Prof. Dr. Ch. Muryani, M.Si, Pembimbing II: Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd. Tesis : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara; (1) pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan siswa SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar. (2) prestasi belajar geografi dengan sikap peduli lingkungan siswa SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar. (3) pengetahuan lingkungan hidup dan prestasi belajar geografi dengan sikap peduli lingkungan pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini mengambil 6 sampel sekolah Negeri dengan teknik stratified random sampling berdasarkan lokasi Desa, Kota dan kurikulum yang digunakan. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen yang berbentuk tes dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji homogenitas, uji hipotesis kesatu dan kedua dan uji hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar, hal ini dapat ditunjukkan dengan besarnya korelasi antara variabel X1 dengan Y yaitu dengan hasil perhitungan rhitung sebesar 0.149 > rtabel sebesar 0.137. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antar prestasi belajar geografi dengan sikap peduli lingkungan pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar, hal ini dapat dibuktikan besarnya korelasi antara variabel X2 dengan Y yaitu dengan hasil perhitungan rhitung sebesar 0.228 dan rtabel sebesar 0.137. (3) Terdapat hubungan signifikan antara Pengetahuan Lingkungan Hidup dan Prestasi Belajar Geografi dengan Sikap Peduli Lingkungan pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar. Hal ini dapat dilihat dari uji ANOVA didapat nilai Fhitung sebesar 6.321 dengan nilai probabilitas signifikansi 0.002 sedangkan nilai Ftabel pada df1 =2, df2= 203 dan α = 0.05 adalah 3.040 atau dengan kata lain nilai Ftabel > Fhitung (6.321 > 3.040). Model hubungan antara ketiga variabel tersebut adalah Y=55.520+0.241X_1+0.494X_2+ε dari model hubungan tersebut dapat dikatakan signifikan secara statistik. Kata kunci: Pengetahuan lingkungan hidup, prestasi belajar geografi dan sikap peduli Lingkungan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 23 Mar 2017 15:05
    Last Modified: 23 Mar 2017 15:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32134

    Actions (login required)

    View Item