Perancangan Desain Pola Parkir Dengan Metode Ergonomi Partisipatori Pada Fasilitas Parkir Sepeda Motor Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret

NUGRAHA, AKBAR ADITYA (2017) Perancangan Desain Pola Parkir Dengan Metode Ergonomi Partisipatori Pada Fasilitas Parkir Sepeda Motor Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Fasilitas parkir sepeda motor Fakultas Teknik UNS berfungsi memenuhi kebutuhan parkir dari 6 program studi, yaitu Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Arsitektur, dan Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik UNS menyediakan fasilitas lahan parkir sepeda motor seluas 2895 m² yang dibagi menjadi 5 sektor parkir. Permasalahan fasilitas parkir sepeda motor di Fakultas Teknik UNS diantaranya adalah : tidak teraturnya posisi parkir kendaraan sehingga berakibat pengguna parkir yang lain kesulitan dalam memarkirkan kendaraannya, jarak antar kendaraan yang parkir terlalu dekat sehingga mengakibatkan terjadinya benturan antar kendaraan yang parkir dan kesulitan pengguna parkir dalam mengeluarkan kendaraannya, serta terdapat kendaraan yang diparkir secara sembarangan di jalur sirkulasi parkir sehingga mengganggu kendaraan lain yang akan lewat. Berkaitan dengan penanggulangan masalah pada fasilitas parkir sepeda motor Fakultas Teknik UNS, diperlukan adanya kajian untuk perancangan desain pola parkir dengan metode ergonomi partisipatori. Metode ergonomi partisipatori bertujuan untuk menghasilkan perancangan desain pola parkir berdasarkan kebutuhan dari pengguna parkir dan petugas parkir. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa desain pola parkir dengan sudut 90° untuk semua sektor pada fasilitas parkir sepeda motor Fakultas Teknik UNS dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada. Dari hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa desain pola parkir yang optimal dari segi kapasitas daya tampung adalah desain pola parkir dengan sudut 90° untuk semua sektor pada fasilitas parkir sepeda motor Fakultas Teknik UNS dengan jumlah total kapasitas daya tampungnya sebesar 1046 unit sepeda motor.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 23 Mar 2017 14:32
    Last Modified: 23 Mar 2017 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32116

    Actions (login required)

    View Item