PENGEMBANGAN E-BOOK KEARSIPAN BERBASIS KURIKULUM 2013 SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2016

Dirgatama, Chairul Huda Atma (2017) PENGEMBANGAN E-BOOK KEARSIPAN BERBASIS KURIKULUM 2013 SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (347Kb)

    Abstract

    Dalam era digitalisasi peran media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan e-book kearsipan berbasis kurikulum 2013 yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penyusunan media yang dikembangkan memanfaatkan software Sigil dengan bantuan aplikasi pembaca menggunakan software Supreader. Tahap pengembangan menggunakan model pengembangan dari Hannafin dan Peck yang terdiri atas 3 tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain serta tahap pengembangan dan implementasi. Pada tahap uji coba, e-book kearsipan berbasis kurikulum 2013 di uji coba melalui validitas oleh para ahli dan uji coba oleh peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Hasil wawancara dan observasi dianalisis dengan deskriptif kualitatif, sedangkan kuesioner dan tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis uji keefektifan media e-book kearsipan berbasis kurikulum 2013 dengan menggunakan software IBM SPSS 20 dengan rumus uji t-test, Nilai thitung yang didapatkan dari post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 2,53 dengan nilai ttabel sebesar 2,00 dengan demikian thitung > ttabel yang berarti peningkatan nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen menunjukkan mean post-test sebesar 81,25 sedangkan hasil belajar kelas kontrol menunjukkan mean post-test sebesar 75,94 . Perbedaan mean post-test antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 5,31 poin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media e-book kearsipan berbasis kurikulum 2013 layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini didasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi (0,014<0,05), mengindikasikan bahwa terdapat perbedaaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Pengembangan, E-book, Kearsipan, Kurikulum 2013, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 23 Mar 2017 14:29
    Last Modified: 23 Mar 2017 14:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32115

    Actions (login required)

    View Item