Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Peserta Didik Kelas V SD Negeri 05 Jaten, Karanganyar

L, NURJANAH FENTY (2017) Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Peserta Didik Kelas V SD Negeri 05 Jaten, Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (739Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nurjanah Fenty Lestari. K3112057. TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 05 JATEN, KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas teknik token economy untuk meningkatkan Adversity Quotient (AQ) peserta didik kelas V SD Negeri 05 Jaten, Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan pra-eksperimen dengan jenis rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas V SD Negeri 05 Jaten, Karanganyar yang memiiki skor AQ rendah. Token economy merupakan salah satu teknik modifikasi perilaku yang memberikan reinforcement pada subjek untuk merubah perilaku yang dimiliki. Teknik token economy bertujuan agar AQ peserta didik meningkat sehingga tidak mudah putus asa dan mampu mengatasi kesulitan yang ada terutama permasalahan belajar. Pelaksanaan token economy dalam penelitian ini dilakukan pada kegiatan pembelajaran di kelas. Apabila peserta didik menunjukkan perilaku yang mencerminkan AQ tinggi seperti percaya diri, tidak malu bertanya, mau menjawab pertanyaan guru, dan tidak putus asa ketika melakukan kesalahan diberikan token. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen adversity quotient yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon sign rank test. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diketahui bahwa terjadi perubahan nilai mean pretest sebesar 20,27 meningkat menjadi 27,64 pada posttest setelah pemberian perlakuan. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antara pretest dan posttest menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,003 < nilai α 0,05 pada taraf signifikansi 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut berarti bahwa terdapat perbedaan tingkat AQ peserta didik kelas V SD Negeri 05 Jaten, Karanganyar sebelum dan sesudah pemberian treatment berupa teknik token economy. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik token economy efektif dalam meningkatkan adversity quotient peserta didik kelas V SD Negeri 05 Jaten, Karanganyar. Kata Kunci : Token Economy, Adversity Quotient

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 23 Mar 2017 14:22
    Last Modified: 23 Mar 2017 14:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32107

    Actions (login required)

    View Item