PROSES KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI PEMANFAATAN TAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) (Analisis Deskriptif Kualitatif tentang Proses Komunikasi dalam Sosialisasi Tim Penggerak PKK Desa Ngunut Mengenai Pemanfaatan TOGA kepada Masyarakat di Desa Ngunut, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar)

Aini, Noorma Luthfiana (2017) PROSES KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI PEMANFAATAN TAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) (Analisis Deskriptif Kualitatif tentang Proses Komunikasi dalam Sosialisasi Tim Penggerak PKK Desa Ngunut Mengenai Pemanfaatan TOGA kepada Masyarakat di Desa Ngunut, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (139Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Noorma Luthfiana Aini, D0212076, Proses Komunikasi dalam Sosialisasi Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) (Analisis Deskriptif Kualitatif tentang Proses Komunikasi dalam Sosialisasi Tim Penggerak PKK Desa Ngunut Mengenai Pemanfaatan TOGA kepada Masyarakat di Desa Ngunut, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar) Modernisasi serta inovasi dalam sektor kesehatan terus menerus dikembangkan. Meski pun pembaruan terus dilakukan, perkembangan pelayanan kesehatan tradisional tidak dapat dikesampingkan, salah satunya melalui pemanfaatan TOGA. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 9 Tahun 2016 tentang Upaya Pengembangan Kesehatan Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan Keterampilan, asuhan mandiri kesehatan tradisional adalah upaya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan ringan oleh individu dalam keluarga, kelompok, atau masyarakat dengan memanfaatkan TOGA dan keterampilan. Salah satu kabupaten yang menerapkan kegiatan TOGA yaitu Kabupaten Karanganyar, khususnya Desa Ngunut di Kecamatan Jumantono. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi dalam sosialisasi pemanfaatan TOGA oleh Tim Penggerak PKK desa Ngunut selaku penggerak dan komunikator kepada masyarakat sebagai komunikan. Sosialisasi ini dilaksanakan sejak tahun 2013 dan masih akan terus berjalan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam atau indepth interview dan telaah dokumen. Data yang diperoleh di lapangan dianalisis menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini adalah proses komunikasi yang terjadi selama sosialisasi pemanfaatan TOGA di Desa Ngunut telah berjalan secara efektif menggunakan formulasi Lasswell dengan fokus penelitian pada lima unsur komunikasi, yaitu komunikator, pesan, media, komunikan, serta efek apa yang ditimbulkan. Kata Kunci: Pemanfaatan TOGA, Sosialisasi, Proses Komunikasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 23 Mar 2017 14:02
    Last Modified: 23 Mar 2017 14:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32099

    Actions (login required)

    View Item