Pengembangan Modul IPA Berbasis PBL Tema Biogas untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII

PUTRA, NILA CAHYA PERDIANA (2017) Pengembangan Modul IPA Berbasis PBL Tema Biogas untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (968Kb)

    Abstract

    Nila Cahya Perdiana Putra. 2016. PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PBL DENGAN TEMA BIOGAS DENGAN MATERI UNSUR SENYAWA CAMPURAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP. TESIS. Pembimbing I: Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd. II: Dr. M. Masykuri, M.Si., Program Studi Magister Pendidikan Sains Minat Utama IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui karakteristik Modul IPA Berbasis PBL tema biogas materi unsur senyawa campuran dan pencemaran lingkungan. (2) mengetahui kelayakan Modul IPA Berbasis PBL tema biogas. (3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wirosari setelah mengunakan Modul IPA Berbasis PBL. Pengembangan Modul IPA Berbasis PBL menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu menggunakan model 4D, tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Modul tersebut disusun dengan model pembelajaran berbasis PBL yang terdiri, (1) mengorentasikan siswa pada masalah, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) memandu menyelidiki secara mandiri atau kelompok, (4) mengembangkan atau menyajikan hasil kerja, (5) menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah,. Modul dinilai berdasarkan kelayakan materi dan pembelajaran, pengembangan modul, dan desain dan keterbacaan. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket analisis kebutuhan, lembar validasi, soal keterampilan berpikir kritis, dan angket respon. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Modul IPA Berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki karakteristik sesuai langkah pembelajaran berbasis PBL. (2) modul dikategorikan sangat layak dengan hasil validasi (ahli, dan praktisi pendidikan) materi dan pembelajaran sebesar 93,45 % dengan kategori modul sangat baik, pengembangan modul sebesar 89,75 % dengan kategori sangat baik, desain dan keterbacaan sebesar 90,18 % dengan kategori sangat baik, serta didukung dengan respon siswa terhadap modul pada uji coba terbatas sebesar 89,19 % dengan kategori baik, dan uji coba lapangan sebesar 89,17% dengan kategori baik, serta hasil disseminate yang dilakukan pada Guru IPA SMP/MTs sebesar 92,89% dengan kategori sangat baik. (3) peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan modul IPA ditunjukkan berdasarkan hasil perhitungan N-Gain menunjukkan nilai 0,56 dengan kategori sedang, Kata kunci: Modul IPA, Pembelajaran Berbasis PBL, Keterampilan Berpikir Kritis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 23 Mar 2017 13:50
    Last Modified: 23 Mar 2017 13:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32096

    Actions (login required)

    View Item