Pembatalan Putusan Pengadilan Niaga Oleh Mahkamah Agung Dalam Hal Terjadi Kesalahan Penerapan Hukum Pembuktian (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 45 K/Pdt.Sus/2013)

FEBRIABTO, FERRY (2017) Pembatalan Putusan Pengadilan Niaga Oleh Mahkamah Agung Dalam Hal Terjadi Kesalahan Penerapan Hukum Pembuktian (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 45 K/Pdt.Sus/2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (426Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dua permasalahan. Pertama, alasan hakim pengadilan niaga menolak permohonan pailit sebagaimana dalam putusan nomor: 64/PAILIT/2012/PN.NIAGA.JKT.PST. Kedua, pertimbangan hakim Mahkamah Agung membatalkan Putusan Pengadilan Niaga Pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor : 64/PAILIT/2012/PN.NIAGA.JKT.PST sesuai dengan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif yang bersifat preskriptif dan terapan dengan menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang menggunakan metode studi pustaka sebagai teknik pengumpulan bahan hukum. Teknik analisis yang digunakan adalah metode deduksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa alasan hakim pengadilan niaga pada pengadilan negeri Jakarta pusat menolak permohonan pailit karena menurut hakim pemohon pailit tidak dapat membuktikan secara sederhana adanya utang. Mahkamah Agung dalam membatalkan putusan pengadilan niaga pada pengadilan negeri Jakarta pusat yang telah salah menerapkan hukum pembuktian dan akhirnya mengabulkan permohonan pailit telah sesuai dengan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang dimana terdapat prinsip pembuktian yang sederhana, sedangkan hakim pengadilan niaga telah salah dalam menerapkan hukum pembuktian. Kata kunci: Hukum Pembuktian, Pengadilan Niaga, Mahkamah Agung

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 23 Mar 2017 10:40
    Last Modified: 23 Mar 2017 10:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32081

    Actions (login required)

    View Item