Analisis Pembelajaran Berbasis PAIKEM pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

SARI, EFI EKA (2017) Analisis Pembelajaran Berbasis PAIKEM pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (62Kb)

    Abstract

    Efi Ekasari. ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA N 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pemahaman guru sejarah SMA N 3 Surakarta tentang Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM); (2) Menjelaskan perencanaan pembelajaran berbasis PAIKEM pada mata pelajaran sejarah di SMA N 3 Surakarta; (3) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran berbasis PAIKEM pada mata pelajaran sejarah di SMA N 3 Surakarta; (4) Menganalisis evaluasi pembelajaran berbasis PAIKEM pada mata pelajaran sejarah di SMA N 3 Surakarta; dan (5) Menganalisis hambatan saat pelaksanaan pembelajaran berbasis PAIKEM pada mata pelajaran sejarah di SMA N 3 Surakarta dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan adalah informan, dokumen, serta tempat dan peristiwa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi berperan pasif, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan cara trianggulasi, yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru sejarah memahami PAIKEM sebagai salah satu model pembelajaran yang mengusahakan adanya keaktifan siswa, keinovatifan, pemikiran yang kreatif, pembelajaran efektif, dan suasana yang menyenangkan. (2) Perencanaan pembelajaran berbasis PAIKEM pada mata pelajaran sejarah di SMA N 3 Surakarta secara administratif sudah dipersiapkan, selain itu guru mempersiapkan materi, media, dan sarana pembelajaran. (3) Pelaksanaan pembelajaran berbasis PAIKEM pada mata pelajaran sejarah diawali dengan kegiatan yang menarik seperti pemberian pertanyaan yang dikemas dalam bentuk kuis atau permainan. Materi disampaikan dengan metode yang bervariasi dan berprinsip student centered. Aktivitas belajar berprinsip aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. (4) Evaluasi atau penilaian sejarah SMA N 3 Surakarta yaitu : (a) hasil kerja; (b) penugasan; (c) unjuk kerja; dan (d) tes tertulis. (5) Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis PAIKEM terletak pada minat siswa dan alokasi waktu yang digunakan untuk menerapkan model pembelajaran. Solusi untuk masalah kurangnya minat siswa yaitu guru melakukan pendekatan individual dengan menanyakan keadaan siswa. Hambatan alokasi waktu dalam pembelajaran diatasi dengan cara menyesuaikan materi, media dan model pembelajaran yang akan diajarkan dengan waktu yang telah ditentukan. Kata Kunci : PAIKEM, Pembelajaran Sejarah, SMA N 3 Surakarta

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 23 Mar 2017 10:30
    Last Modified: 23 Mar 2017 10:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32077

    Actions (login required)

    View Item