PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI BENTUK-BENTUK USAHA PEMBELAAN NEGARA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 JATEN TAHUN AJARAN 2016/ 2017

R, DYAH LESTARI S (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI BENTUK-BENTUK USAHA PEMBELAAN NEGARA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 JATEN TAHUN AJARAN 2016/ 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (885Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dyah Lestari Sri Rejeki. K6412022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI BENTUK-BENTUK USAHA PEMBELAAN NEGARA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 JATEN TAHUN AJARAN 2016/ 2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk-Bentuk Usaha Pembelaan Negara siswa kelas IX SMP Negeri 2 Jaten Tahun Ajaran 2016/ 2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Jaten tahun ajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 239 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, dengan sampel terpilih kelas adalah IX A dan IX B yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain true experimental jenis posttest only control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi satu prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (X) terhadap prestasi belajar pada kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh nilai rxy = 0,77089 dengan N = 34 dan taraf signifikansi 5% serta rtabel 0,339. Sehingga rhitung (0,77089) ≥ rtabel (0,339), jadi disimpulkan ada pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Besarnya pengaruh atau sumbangan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap prestasi belajar pada kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara sebesar 95%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap terhadap Prestasi Belajar pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk-Bentuk Usaha Pembelaan Negara siswa kelas IX SMP Negeri 2 Jaten tahun ajaran 2016/ 2017. Kata Kunci: Think Pair Share, prestasi belajar, bentuk-bentuk usaha pembelaan negara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 23 Mar 2017 10:26
    Last Modified: 23 Mar 2017 10:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32076

    Actions (login required)

    View Item