Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Kota/ Kabupaten Dalam Karesidenan Surakarta Tahun 2010-2014

YASTUTI, DWI MARTI (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Kota/ Kabupaten Dalam Karesidenan Surakarta Tahun 2010-2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1136Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA SEKTOR INDUSTRI KOTA/ KABUPATEN DALAM KARESIDENAN SURAKARTA TAHUN 2010-2014 DWI MARTI YASTUTI F1114014 Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Jumlah Pengangguran (JP), Jumlah Industri (IND), dan Upah Minimum Kota/ Kabupaten (UMK) terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri di Kota/ Kabupaten dalam Karesidenan Surakarta Tahun 2010-2014. Observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 7 kabupaten dan kota yang ada di Karesidenan Surakarta tahun 2010-2014. Kontribusi dalam penelitian ini yaitu menggunakan data panel yang dapat menangkap keragaman karakteristik yang berbeda antar kota/ kabupaten di Karesidenan Surakarta tahun 2010-2014. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode data sekunder berupa publikasi PDRB, publikasi jumlah pengangguran, publikasi jumlah industri, Peraturan Gubernur tentang UMK. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Fixed Effect Model untuk data panel. Penelitian ini menemukan bahwa secara parsial PDRB, jumlah pengangguran, dan jumlah industri berpengaruh nyata terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri. Kemudian UMK tidak berpengaruh nyata terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri. Secara bersama-sama (simultan) keseluruhan variabel bebas yaitu PDRB, jumlah pengangguran, jumlah industri, dan UMK berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu tingkat penyerapan tenaga kerja sektor industri di kota/ kabupaten dalam Karesidenan Surakarta dengan nilai adjusted R2 sebesar 0,9504 yang berarti bahwa 95,04% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen dan sisanya sebesar 4,96% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Kata kunci : PDRB, jumlah pengangguran, jumlah industri, UMK, penyerapan tenaga kerja sektor industri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 23 Mar 2017 10:24
    Last Modified: 23 Mar 2017 10:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32074

    Actions (login required)

    View Item