Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016

NURFADHILAH, DINA (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (844Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dina Nurfadhilah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA 1 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang berjumlah 46 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data atau sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Prosedur penelitian menggunakan model PTK Siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto (Planning, Action, Observing, Reflecting). Hasil penelitian menunjukkan guru dapat menerapkan pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Hal itu terbukti dari persentase rata-rata nilai pencapaian indikator aktivitas belajar siswa pada prasiklus sebesar 65,68% meningkat menjadi 72,95% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,98%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 54,35% meningkat menjadi 73,91% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,61%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 23 Mar 2017 10:18
    Last Modified: 23 Mar 2017 10:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32071

    Actions (login required)

    View Item