Pengaruh Ukuran Daerah, Ketepatan Waktu Proses Penganggaran dan Karakteristik Internal Auditor terhadap Realisasi SILPA Pemerintah Daerah di Indonesia

Ali Syamsudin, Achmad (2017) Pengaruh Ukuran Daerah, Ketepatan Waktu Proses Penganggaran dan Karakteristik Internal Auditor terhadap Realisasi SILPA Pemerintah Daerah di Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Penelitian ini membahas mengenai fenomena budgetary slack dalam bentuk sisa lebih/kurang pembiayaan anggaran (SILPA) pada pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran pemerintah daerah, ketepatan waktu penganggaran dan karakteristik internal auditor terhadap realisasi SILPA pemerintah daerah. Angka realisasi SILPA diperoleh dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang telah diaudit BPK-RI. Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah di Indonesia pada tahun 2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik judgement sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 217 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang utamanya diperoleh dari BPK-RI dan BPKP. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji menunjukkan bahwa ukuran pemerintah daerah dan keterlambatan penetapan APBD berpengaruh positif terhadap realisasi SILPA. Sedangkan, variabel independen lain tidak berpengaruh secara signifikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 23 Mar 2017 10:18
    Last Modified: 23 Mar 2017 10:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32070

    Actions (login required)

    View Item