Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Praktik Manajemen Laba dan Manipulasi Aktivitas Riil (Studi pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di BEI)

WICAKSONO, AGUNG (2017) Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Praktik Manajemen Laba dan Manipulasi Aktivitas Riil (Studi pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di BEI). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (32Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh asimetri informasi terhadap praktek manajemen laba dan manipulasi aktivitas riil. Manajemen laba dapat dilakukan melalui pendekatan akrual, sedangkan manipulasi aktivitas riil dapat dilakukan salah satunya dengan melalui arus kas kegiatan operasi. Penelitian ini menggunakan objek perusahaan yang terdaftar di indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia untuk periode 2009-2013. Pengumpulan data diperoleh dari ICMD (Indonesia Capital Market Directory) dan Pojok Bursa Efek Indonesia. Metode purposive sampling digunakan dan menghasilkan 150 data yang diteliti. Model regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi terhadap praktek manajemen laba dan manipulasi aktivitas riil. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi berpengaruh positif terhadap praktek manajemen laba dan manipulasi aktivitas riil melalui arus kas kegiatan operasional. Hal ini sejalan dengan penelitian Richardson (1998), Roychoduwury (2006), Rahmawati dkk, (2006) dan Oktorina (2008).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 23 Mar 2017 08:56
    Last Modified: 23 Mar 2017 08:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32061

    Actions (login required)

    View Item