PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DAN KARTU DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA TERHADAP KOGNITIF PADA MATERI SUHU DAN KALOR BAGI SISWA KELAS X SMA N KEBAKKRAMAT

MUSLIKHAH, UMI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DAN KARTU DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA TERHADAP KOGNITIF PADA MATERI SUHU DAN KALOR BAGI SISWA KELAS X SMA N KEBAKKRAMAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (470Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidak adanya : (1) perbedaan pengaruh antara penggunaan model TGT melalui media puzzle dan kartu, (2) perbedaan pengaruh antara kreativitas siswa kategori tinggi dan rendah, (3) interaksi antara pengaruh penggunaan model TGT melalui media pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Suhu dan Kalor . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N Kebakkramat. Teknik cluster random sampling digunakan untuk memilih dua kelas sebagai sampel yang masing-masing terdiri dari 38 siswa (kelas X10 sebagai kelas ekperimen dan X9 sebagai kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen dan teknit tes. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalan dengan isi sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan pengaruh antara model TGT melalui media puzzle dan kartu terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 4,825 > Ftabel = 3,97), (2) ada perbedaan pengaruh antara kreativitas siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 5,136 > Ftabel = 3,97) dan (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model TGT melalui media pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 0,632 > Ftabel = 3,97). Kata kunci: TGT, media puzzle, media kartu, kognitif, kreativitas siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 22 Mar 2017 14:22
    Last Modified: 22 Mar 2017 14:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32055

    Actions (login required)

    View Item