PENERAPAN ALAT BANTU BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATASBOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AISYAH, SITI (2017) PENERAPAN ALAT BANTU BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATASBOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (553Kb)

    Abstract

    Siti Aisyah. K5612069 PENERAPAN ALAT BANTU BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 MOJOLABANTAHUN PELAJARAN 2016/2017Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Mojolaban tahun pelajaran 2016/2017 melalui alat bantu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Mojolaban yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 15 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar servis atas bolavoli.Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil analisis data penelitian dapat disajikan sebagai berikut mulai dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Pada pra tindakan, siswa belum menunjukan hasil belajar yang baik, kategori sangat baik dengan persentase 0%, kategori baik dengan persentase 9,67% atau 3 siswa dari 31 siswa, kategori cukup dengan persentase 16,12% atau 5 siswa dari 31 siswa, kategori kurang dengan persentase 54,83% atau 17 siswa dari 31 siswa, kemudian kategori sangat kurang dengan persentase 19,35% atau 6 siswa dari 31 siswa. Pada siklus I kategori sangat baik dengan persentase 0%, kategori baik dengan persentase 19,35% atau 6 siswa dari 31 siswa, kategori cukup dengan persentase 41,93% atau 13 siswa dari 31 siswa, kategori kurang dengan persentase 38,70% atau 12 siswa dari 31 siswa, dan kategori sangat kurang dengan persentase 0%, dari data tersebut bisa di dapat ada sejumlah 19 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 12 siswa belum tuntas. Pada siklus II mencapai persentase sangat baik 16,12% atau 5 siswa dari 31 siswa, baik 45,16% atau 15 siswa dari 31 siswa, cukup 25,80% atau 8 siswa dari 31 siswa, kurang 12,90% atau 4 siswa dari 31 siswa, dan sangat kurang 0%. Sehingga dari data tersebut dapat diketahui bahwa 27 siswa mencapai kriteria tuntas sedangkan 4 siswa belum tuntas dengan jumlah murid 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan : penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil servis atas bolavoli pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Mojolaban tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci : hasil belajar, servis atas bolavoli, alat bantu pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 21 Mar 2017 15:14
    Last Modified: 21 Mar 2017 15:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32033

    Actions (login required)

    View Item