IMPLEMENTASI JARINGAN SYARAF TIRUAN DALAM IDENTIFIKASI POLA DESAIN PRODUK BAJU BATIK WANITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING

P, ARDACANDRA FAISAL (2017) IMPLEMENTASI JARINGAN SYARAF TIRUAN DALAM IDENTIFIKASI POLA DESAIN PRODUK BAJU BATIK WANITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    Ardacandra Faisal Pinasthika, I0312012. IMPLEMENTASI JARINGAN SYARAF TIRUAN DALAM IDENTIFIKASI POLA DESAIN PRODUK BAJU BATIK WANITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING. Skripsi. Surakarta : Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Desember 2016. Batik merupakan salah salah satu apparel product yang terkenal di Kota Solo. Saat ini persaingan industri batik semakin ketat, sehingga perlu dilakukan eksplorasi lebih mendalam. Arah pengembangan tren ini mengarah pada suatu produk berdasarkan kebutuhan, keinginan, perasaan, dan emosi pelanggan (Customer Oriented). Salah satu metode yang dapat digunakan untuk membuat produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, perasaan, dan emosi pelanggan adalah Kansei Engineering. Kansei Engineering merupakan teknik untuk melakukan perancangan sesuai dengan preferensi dari konsumen (Human Centered Design) yang mampu memberikan kepuasan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan desain baju batik yang sesuai dengan keinginan pengguna/konsumen dengan menggunakan aplikasi berbasis metode Kansei Engineering dan JST (Jaringan Syaraf Tiruan). Selain itu, peneliti juga mencoba untuk mencari tahu pengaruh penggunaan PCA (Principal Component Analysis) dalam perancangan desain produk dengan Kansei Engineering yang sudah mengimplementasikan JST. Kansei Engineering yang digunakan pada penelitian ini adalah kansei engineering tipe II yang diaplikasikan dengan JST model backpropagation dengan metode pelatihan Traind. Pada penelitian ini menggunakan 25 Kata Kansei hasil proses validasi yang dikelompokkan dalam 3 cara penilaian yaitu Looking, Touching, dan Wearing And Mirroring. Item yang digunakan untuk mendesain baju batik wanita diantaranya bahan, Warna, Corak, Kerah, dan Lengan. 25 Kata kansei ini direduksi dengan menggunakan PCA menjadi 5 kata kansei.. 5 kata kansei inilah yang nantinya akan digunakan dalam pengambilan data untuk kemudian diproses dengan metode Conjoint Analysis untuk mengekstraksi preferensi keinginan pelanggan. Nilai Utility sebagai output dari Conjoint Analysis ini yang diproses dengan JST. Hasil dari JST adalah bobot-bobot yang dapat digunakan untuk menerjemahkan preferensi pelanggan. Bobot-bobot ini yang kemudian diolah secara matematis dan diterapkan dalam Visual Basic 6 dan menjadi sebuah aplikasi berbasis Kansei Engineering dan JST yang dapat memberikan saran desain baju batik wanita. Reduksi pada PCA menghilangkan koliniearitas dari kata kansei yang digunakan. Berkurangnya kata kansei yang digunakan memangkas waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengambilan. Aplikasi yang dibuat dapat memberikan rancangan tanpa membutuhkan waktu yang lama. Aplikasi dapat digunakan untuk mengambil data konsumen dan dapat digunakan untuk pengembangan selanjutnya. Kata kunci: Kansei Engineering, kata kansei, Jaringan Syaraf Tiruan, backpropagation xviii + 88 halaman ; 50 gambar; 88 tabel; 12 Lampiran Daftar Pustaka: 46 (1991-2016)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 21 Mar 2017 11:53
    Last Modified: 21 Mar 2017 11:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32009

    Actions (login required)

    View Item