analisis struktural dan nilai pendidikan karakter novel kelangan satang karya Suparto Brata dan relevansinya sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di kelas XI

SAVITRI, ADE ROSITA (2017) analisis struktural dan nilai pendidikan karakter novel kelangan satang karya Suparto Brata dan relevansinya sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di kelas XI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (762Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ade Rosita Savitri. K421201. ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL KELANGAN SATANG (SERI WIRADI) KARYA SUPARTO BRATA SERTA RELEVANSINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA NEGERI 1 CILACAP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. JANUARI 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan dan mendeskripsikan unsur intrinsik novel Kelangan Satang (Seri Wiradi); (2) menjelaskan dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter novel Kelangan Satang (Seri Wiradi) karya Suparto Brata; (3) menjelaskan relevansi materi pembelajaran apresiasi sastra Jawa menggunakan novel Kelangan Satang (Seri Wiradi) di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah analisis struktural novel. Data dan sumber data pada penelitian ini adalah dokumen yang berupa novel Kelangan Satang (Seri Wiradi) dan informan yaitu pakar sastra, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan siswa SMA Negeri 1 Cilacap. Teknik yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara mendalam. Pengambilan subjek penelitian ini dilakukan dengan pertimbangan tertentu sehingga menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, novel Kelangan Satang (Seri Wiradi) memiliki unsur intrinsik, seperti; tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan tema. Nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam novel antara lain nilai yang berhubungan dengan Tuhan, diri sendiri, antarsesama, dan lingkungan alam. Kesimpulan penelitian ini adalah novel Kelangan Satang (Seri Wiradi) dapat digunakan dalam pembelajaran materi apresiasi sastra pada kelas XI. Kata Kunci : struktural , pendidikan karakter, Kelangan Satang (Seri Wiradi), materi pembelajaran, apresiasi sastra Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 21 Mar 2017 11:45
    Last Modified: 21 Mar 2017 11:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32006

    Actions (login required)

    View Item