PENYELESAIAN KREDIT MACET PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG SURAKARTA MELALUI PROSES LELANG DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL)

CATURINI, SUSILO DYAH (2017) PENYELESAIAN KREDIT MACET PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG SURAKARTA MELALUI PROSES LELANG DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (458Kb)

    Abstract

    ABSTRAK SUSILO DYAH CATURINI. S.3204035. “PENYELESAIAN KREDIT MACET PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG SURAKARTA MELALUI PROSES LELANG DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL)”. Tesis: Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab adanya permasalahan yang masih timbul dalam penyelesaian Kredit Macet Pemilikan Rumah (Kredit Pemilikan Rumah (KPR)) Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Surakarta melalui Proses Lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Penelitian tesis ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer, pengumpulan data-data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan data sekunder, pengumpulan data-data yang diperoleh dari bahan kepustakaan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan penyelesaian kredit melalui proses lelang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah permasalahan yang timbul dalam proses lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) adalah adanya gugatan dari debitur yang merasa dirugikan karena harga lelang yang ditentukan rendah, dan adanya debitur yang tidak melaksanakan janjinya dalam Akta Pemberian Hak Tanggungan untuk melakukan pengosongan obyek hak tanggungan saat debitur wanprestasi. Permasalahan dalam proses lelang tersebut akan menghambat proses eksekusi obyek hak tanggungan yang telah terjual sehingga akan merugikan pemenang lelang. Implikasi dari penelitian ini adalah pertama memberikan pengetahuan bagi masyarakat mengenai proses lelang terhadap barang jaminan kredit yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dan hal-hal yang menjadi penyebab timbulnya permasalahan dalam penyelesaian kredit macet melalui proses lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dan kedua PT. Bank Tabungan Negara (Persero) sebagai kreditur dapat mengambil langkah-langkah yang lebih efektif dalam menyelesaikan permasalahan kreditnya dan ketiga adalah adanya kebijakan hukum perbankan dalam menyelesaian permasalahan kredit macet. Kata kunci : Penyelesaian, kredit macet, proses lelang

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Hukum - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 21 Mar 2017 10:54
    Last Modified: 21 Mar 2017 10:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31999

    Actions (login required)

    View Item