manajemen komunikasi humas PT. KAI Daop IV Semarang dalam kasus pembebasan dan penertiban lahan untuk pembangunan jalur ganda lintas utara Jawa

PUTRO, ROFI KURNIAWAN (2017) manajemen komunikasi humas PT. KAI Daop IV Semarang dalam kasus pembebasan dan penertiban lahan untuk pembangunan jalur ganda lintas utara Jawa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (511Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rofi Kurniawan Putro. D1212067. Manajemen Komunikasi Humas PT. KAI Daop IV Semarang dalam Kasus Pembebasan dan Penertiban Lahan untuk Pembangunan Rel Jalur Ganda Lintas Utara Jawa. Kasus kecelakaan kereta api yang sering terjadi di Indonesia menjadikan PT.KAI harus mengambil sikap tegas dalam menentukan tindakan peminimalisiran kecelakaan. Jalur ganda lintas utara menjadi pilihan yang tepat bagi PT. KAI Daop IV Semarang guna meminimalisir kecelakaan tersebut, PT.KAI Daop IV Semarang dalam pelaksanaan pembangunan rel jalur ganda lintas utara mengharuskan staf humasnya melakukan pendekatan tepat sasaran kepada masyarakat yang merupakan pemilik lahan yang terkena proyek pembangunan rel jalur ganda lintas utara, perlunya analisis manajemen komunikasi terhadap humas PT.KAI Daop IV Semarang menjadi sangat crucial dalam pelaksanaan pembangunan rel jalur ganda lintas utara. Strategi pelaksanaan manajemen komunikasi Humas PT.KAI Daop IV Semarang dalam pembebasan lahan untuk pembangunan rel jalur ganda lintas utara Jawa mengacu pada teori yang digunakan Cutlip, Center and Broom’s dengan melakukan perencanaan, pengkoordinasian, pelaksanaan dan evaluasi. Keempat aspek tersebut menjadi acuan bagi pihak Humas PT.KAI Daop IV Semarang dalam mendukung program pembebasan lahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian iniberupa penelitian deskriptif kualitatif. Pemecahan studi kasus dengan menggambarkan secara menyeluruh, melaporkansecara rinci, dan menyampaikan informasi secara sistematis mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan manajemen komunikasi Humas PT. KAI Daop IV Semarang dalam pelaksanaan pembebasan lahan untuk pembangunan rel jalur ganda lintas Utara Jawa. Purposive sampling merupakan teknik yang digunakan peniliti dalam menentukan informan dalam penelitian ini.. Kurangnya pemahaman dari pihak Humas terhadap karakter masyarakatyang melakukan perubahan sikap pada saat pelaksanaandi lapangan, serta lambatnya instruksi pelaksanaan dari pihak yang berwenang menjadi kendala bagi Humas PT. KAI Semarang dalam pelaksanaan pembebasan lahan pembangunan rel jalur ganda lintas utara Jawa. Hasil pelaksanaan musyawarah antara pihak Humas PT.KAI Daop IV Semarang dengan warga dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang positif dengan bersedianya warga untuk membebaskan lahannya untuk pembangunan rel jalur ganda lintas utara Jawa meski sempat mengalami berbagai kendala dan ketiksepakatan saat dilakukannya negosiasi. Kata kunci : manajemen komunikasi, humas, pembebasan lahan, jalur ganda.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 20 Mar 2017 14:48
    Last Modified: 20 Mar 2017 14:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31994

    Actions (login required)

    View Item