Peningkatan Kemampuan menulis Teks Eksplanasi dengan Penggunaan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VII B SMP Al Firdaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016

ANDYANI, NOVITA (2017) Peningkatan Kemampuan menulis Teks Eksplanasi dengan Penggunaan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VII B SMP Al Firdaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (880Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Novita Andyani. K1212056. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL “7 FENOMENA ALAM UNIK DAN ANEH DI DUNIA” PADA SISWA KELAS VII B SMP AL FIRDAUS SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan keterampilan siswa dalam pembelajaran materi menulis teks eksplanasi dengan penggunaan media audiovisual. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B di SMP Al Firdaus Sukoharjo yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sample adalah purposive sampling. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindak kelas (classroom action research) dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, angket dan wawancara untuk variabel kualitas proses belajar siswa, dan teknik tes untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan triangulasi data berupa hasil angket, catatan lapangan observasi, dan transkip hasil wawancara, serta triangulasi metode berupa tes dan wawancara. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama dua siklus menghasilkan rerata skor siklus I sebesar 3.12 dengan presentase 62,31% yang termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II presentase siswa mengalami kenaikan sebesar 18.46% menjadi mencapai 80,77% yang termasuk dalam kategori baik, dengan rerata skor 4,04. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,87% menjadi 73,12%. Pada siklus I hasil keterampilan teks eksplanasi sudah meningkat dibandingkan sebelum pelaksanaan tindakan. Nilai rata-rata keterampilan teks eksplanasi yang diperoleh adalah 74,61 dengan persentase ketuntasan 69,23%. Hasil keterampilan teks eksplanasi siswa pada siklus II memperoleh rata-rata nilai 84,42 dengan persentase ketuntasan sebesar 88,46%. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teks Eksplanasi, media Audiovisual

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Mar 2017 23:23
    Last Modified: 19 Mar 2017 23:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31986

    Actions (login required)

    View Item