PENGARUH BESTFIRST DAN SPREADSUBSAMPLE PADA SELEKSI FITUR WRAPPER DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK KLASIFIKASI RASIO PASIEN RAWAT INAP

WIJAYA, MUHAMAD RIZKY (2017) PENGARUH BESTFIRST DAN SPREADSUBSAMPLE PADA SELEKSI FITUR WRAPPER DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK KLASIFIKASI RASIO PASIEN RAWAT INAP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Penyakit diabetes dapat menyebabkan kematian dan kecacatan, sehingga penderita harus dirawat kembali untuk menjalani pengobatan lagi agar bisa diselamatkan. Penelitian sebelumnya mengenai seleksi fitur greedy forward gagal menebak klasifikasi rasio pasien rawat inap sehingga ditemukan nilai recall dan precision 0 pada training dataset 60%, 75%, 80%, 90%. Data yang digunakan adalah data pasien diabetes 130 rumah sakit Amerika tahun 1999 sampai 2008 dengan jumlah 70434 data. Terdapat saran dari penelitian sebelumnya untuk menyelesaikan masalah kelas data yang tidak seimbang dengan perbandingan data 6293 readmitted dan 64141 tidak kembali. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pemilihan model terbaik. Permasalahan kelas data yang tidak seimbang akan diatasi menggunakan teknik sampling data yaitu metode spreadsubsample. Metode yang digunakan adalah pencarian best first dan spreadsubsample untuk mencari model terbaik. Hasil penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode best first dan spreadsubsample terhadap hasil precision, recall dan akurasi. Pengaruh terbesar terhadap precision diperoleh pada penggunaan spreadsubsample 8 dengan metode best first training dataset berukuran 80% dengan hasil 0.7223. Pengaruh terbesar terhadap recall diperoleh pada penggunaan spreadsubsample 10 dengan metode naïve bayes training dataset berukuran 90% dengan hasil 0.269. Pengaruh terbesar terhadap akurasi diperoleh pada penggunaan spreadsubsample 10 dengan metode best first training dataset berukuran 90% dengan hasil 0.284.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Mar 2017 23:06
    Last Modified: 19 Mar 2017 23:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31979

    Actions (login required)

    View Item