Pengaruh Daya Tarik Siswa dan Daya Tanggap Guru terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Semester Gasal SMA Negeri 1 Cilacap (Studi Kasus pada Kelas X dan XI IPS)

S, MOCHAMAD AKBAR (2017) Pengaruh Daya Tarik Siswa dan Daya Tanggap Guru terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Semester Gasal SMA Negeri 1 Cilacap (Studi Kasus pada Kelas X dan XI IPS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (477Kb)

    Abstract

    Mochamad Akbar Syarofa Syah, K7412114. Pengaruh Daya Tarik Siswa dan Daya Tanggap Guru terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Semester Gasal SMA Negeri 1 Cilacap Tahun Ajaran 2015/2016 (Studi pada Siswa Kelas X dan XI IPS). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta. September 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh (1) Untuk mengetahui daya tarik siswa dalam pembelajaran kinerja belajar, (2) daya tanggap guru kinerja belajar, (3) kinerja belajar hasil belajar kognitif siswa. Metode kuantitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini. Populasinya adalah seluruh kelas X dan XI IPS SMA Negeri 1 Cilacap berjumlah 176 siswa. Sampelnya berjumlah 64 siswa dan proportional stratified random sampling sebagai teknik sampling. Kuesioner sebagai alat untuk pengumpulan data. Model Structural Equation Modelling (SEM) digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini (1) daya tarik siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja belajar (2) daya tanggap guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja belajar (3) kinerja belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil ditunjukkan bahwa daya tarik siswa, daya tanggap guru mempengaruhi kinerja belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa. Daya tarik siswa mewakili kinerja belajar karena ketertarikan siswa yang berbeda-beda namun memiliki satu kewajiban yang sama yaitu mencapai nilai standar yang ditetapkan sekolah sehingga siswa akan tetap memperhatikan kinerja belajarnya. Daya tanggap guru mempengaruhi kinerja belajar dalam penelitian ini mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa karena guru yang memiliki ketanggapan dan kepedulian yang sama terhadap setiap siswa akan mengetahui keadaan siswanya. Ketertarikan siswa dan daya tanggap guru mempengaruhi terjadinya kinerja belajar yang baik. Kinerja belajar yang baik mampu mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa Kata kunci : Daya tarik siswa, Daya tanggap guru, learning performance, Hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Mar 2017 22:59
    Last Modified: 19 Mar 2017 22:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31977

    Actions (login required)

    View Item