Penerapan Model Pembelajaran Koopearif Tipe Learning Together dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2015/2016

A, FITRI MUBAROKAH (2017) Penerapan Model Pembelajaran Koopearif Tipe Learning Together dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (801Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fitri Mubarokah A. K4412026. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SEMESTER GENAP KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pendidikan Sejarah. Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sejarah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe learning together (LT) dengan media audio visual dapat meningkatkan kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Gondangrejo Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri Gondangrejo pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu dari bulan april sampai mei 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan planning, acting, observing dan reflecting. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together (LT) dengan media audio visual dapat meningkatkan kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Gondangrejo. Hal ini dapat dilihat dari prosentase kesadaran sejarah dan hasil belajar yang mencapai target yang ditentukan yaitu 80% untuk prosentase klasikal minimal kesadaran sejarah dan 75% untuk prosentase ketuntasan klasikal hasil belajar. Setelah diberi tindakan selama dua siklus hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang dicapai siswa baik dalam kesadaran sejarah maupun hasil belajar. Tingkat kesadaran sejarah yang dicapai siswa pada pra siklus 68%, pada siklus 1 meningkat menjadi 74% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82%. Sedangkan untuk hasil belajar yang dicapai siswa dalam pra siklus dengan rata-rata 65,53 pada siklus 1 meningkat menjadi 72,41 dan pada siklus 2 meningkat menjadi77,59 dengan prosentase ketuntasan klasikal pada pra siklus adalah 20,59%, pada siklus 1 meningkat menjdai 44,11% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 76,47%. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT), Media Audio visual, Kesadaran Sejarah, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Mar 2017 22:39
    Last Modified: 19 Mar 2017 22:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31971

    Actions (login required)

    View Item