Kualitas Pelayanan di Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Kabupaten Wonogiri

RISDIYANTO, DANY (2017) Kualitas Pelayanan di Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Kabupaten Wonogiri. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (450Kb)

    Abstract

    Dany Risdiyanto, D0112017, “KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR SAMSAT (SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP) KABUPATEN WONOGIRI” Skripsi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016, 144 Halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa Samsat Kabupaten Wonogiri merupakan Samsat Terbaik di Provinsi Jawa Tengah tahun 2015 yang penilaiannya didasarkan pada didasarkan pada kecepatan kerja, transparansi keuangan dan kualitas sistem pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis ServQual (Service Quality) dan analisis diagram kartesius. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan indeks korelasi Spearman dan uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Kabupaten Wonogiri adalah baik. Hasil ini dapat dilihat dari hasil perhitungan ServQual yang menunjukkan selisih skor persepsi dan skor harapan adalah positif yaitu 8,06. Hasil ini juga didukung dengan penghitungan melalui dimension by dimension analysis dengan enam (6) dimensi kualitas pelayanan yang bernilai positif dan satu (1) dimensi yang bernilai negatif, serta perhitungan melalui item by item analysisdengan hasil enam belas (16) item yang bernilai positif dan dua (2) item yang bernilai negatif. Analisis diagram kartesius menunjukkan bahwa tiga (3) item/indikator terdapat pada kuadran A yang artinya item/indikator tersebut perlu ditingkatkan, tiga (3) item/indikator terdapat pada kuadran B yang artinya perlu dipertahankan, tujuh (7) item/indikator terdapat pada kuadran C yang artinya perlu ditingkatkan tetapi harus melihat manfaatnya terlebih dahulu, dan lima (5) item/indikator terdapat pada kuadran D yang artinya perlu dikurangi pelaksanaannya. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Kabupaten Wonogiri adalah baik. Kata Kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, SAMSAT

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Mar 2017 19:39
    Last Modified: 19 Mar 2017 19:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31967

    Actions (login required)

    View Item