HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN ASPEK-ASPEK KOMPOSISI DAN SIKAP SISWA TERHADAP BAHASA INDONESIA DENGAN KOMPETENSI MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

SULISTYANINGRUM, EVI (2017) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN ASPEK-ASPEK KOMPOSISI DAN SIKAP SISWA TERHADAP BAHASA INDONESIA DENGAN KOMPETENSI MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (464Kb)

    Abstract

    Evi Sulistyaningrum S841408011. 2016. Hubungan Antara Pemahaman Aspek-aspek Komposisi dan Sikap Siswa terhadap Bahasa Indonesia dengan Kompetensi Menulis Argumentasi pada Siswa Kelas XI SMK Negeri se-Kabupaten Sleman. TESIS.Pembimbing I: Prof. Dr. Andayani, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Kompetensi menulis sebagai salah satu kompetensi produktif memegang peran yang penting dalam dunia pendidikan. Beberapa aspek yang berkaitan dengan kompetensi menulis, salah satunya adalah pemahaman aspek-aspek komposisi perlu diperhatikan.Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya hubungan antara: 1) pemahaman aspek-aspek komposisi dankompetensi menulis argumentasi; 2) sikap siswa terhadap bahasa Indonesia dan kompetensi menulis argumentasi; dan 3) pemahaman aspek-aspek komposisi dan sikap siswa terhadap bahasa Indonesia secara bersama-sama dengan kompetensi menulis argumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa di seluruh kabupaten Sleman kelas XI pada bulan Agustus2015 sampai Januari 2016, dengan menggunakan metode survei korelasional, dan populasi siswa seluruh Negeri se-Kabupaten Sleman kelas XI tahun akademik 2015/ 2016 yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kompetensi menulis argumentasi, tes pemahaman aspek-aspek komposisi, dan angket sikap siswa terhadap bahasa Indonesia. Kemudian dianalisissecara statistik dengan menggunakan regresi sederhana, berganda dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif dan signifikan antara pemahaman aspek-aspek komposisi dan kompetensi menulis argumentasi. Hasil dari analisis koefisien korelasi sederhana sebesar ry1= 0,491. Selanjutnya dilakukan uji t dan diperoleh hasil t1= 7,984 > ttabel= 1,972 dan memberikan kontribusi 24,10%; 2) ada hubungan positif dan signifikan antara sikap siswa terhadap bahasa Indonesia dan kompetensi menulis argumentasi. Hasil dari analisis koefisien korelasi sederhana sebesar ry2= 0,485. Selanjutnya dilakukan ujit t dan diperoleh hasil t2=7,857 > ttabel= 1,972 dengan kontribusi 23,52%; 3) ada hubungan positif dan signifikan antara pemahaman aspek-aspek komposisi dan sikap siswa terhadap bahasa Indonesia secara bersama-sama dengan kompetensi menulis argumentasi. Hasil analisis koefisien korelasi ganda sebesarR.y12= 0,584. Selanjutnya uji signifikansi koefisien korelasi ganda diperoleh F0 = 5186 > Ftabel 3,04 dan memberikan kontribusi 34,11%. Kata Kunci: menulis argumentasi, pemahanam aspek-aspek komposisi, sikap siswa terhadap bahasa Indonesia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Mar 2017 13:23
    Last Modified: 19 Mar 2017 13:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31965

    Actions (login required)

    View Item