Perancangan Board Game Peradaban Maritim Nusantara Pada Era Majapahit Sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Laut Indonesia Untuk Remaja

Fajri, Muhammad (2018) Perancangan Board Game Peradaban Maritim Nusantara Pada Era Majapahit Sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Laut Indonesia Untuk Remaja. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (486Kb)

    Abstract

    Muhammad Fajri 2018. Pengantar tugas akhir ini berjudul “Perancangan Board Game Peradaban Maritim Nusantara pada Era Majapahit Sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Laut Indonesia Untuk Remaja”. Adapun permasalahan yang dikaji dalam perancangan board game ini adalah (1) Bagaimana merancang board game “Bahtera Majapahit” bertemakan maritim dengan mengangkat kisah kejayaan Majapahit pada sektor maritim untuk menarik remaja agar lebih peduli terhadap sektor maritim Nusantara ? (2) Bagaimana merancang media pendukung yang tepat untuk promosi board game “Bahtera Majapahit” untuk remaja ?. Tujuan perancangan ini adalah untuk memperkenalkan serta meningkatkan minat remaja dalam mempelajari peradaban maritim Nusantara pada era Majapahit. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Konsep kreatif dalam perancangan board game ini akan menampilkan unsur visual yang mempadukan antara nuansa tradisional era majapahit dengan unsur fantasi. Visual juga akan dibuat dengan teknik digital painting yang kompleks, agar board game ini menjadi lebih menarik. Board Game merupakan sebuah media yang tepat untuk memberikan edukasi kepada remaja karena melalui board game remaja akan menerima edukasi secara interaktif melalui sebuah media permainan sehingga edukasi yang didapatnya tidak akan membosankan dan akan bersifat lebih menarik serta menyenangkan. Selain itu media akan dibuat dengan mengedepankan nilai artistik agar mampu lebih menarik audience, untuk memainkan board game ini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Mar 2017 13:20
    Last Modified: 16 Oct 2018 19:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31964

    Actions (login required)

    View Item