KRISTANTI, ERMINA ARY (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN KETERAMPILAN REBOUNDING PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN RAMBUT SISWA KELAS XI KR SMK SE KARESIDENAN MADIUN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.
![]() | PDF - Published Version Download (820Kb) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang:(1)Hubungan motivasi belajar dengan penguasaan keterampilan Rebounding pada mata pelajaran Produktif Kecantikan Rambut siswa kelas XI KR SMK se-Karesidenan Madiun. (2) Hubungan hasil Praktik Kerja Industri dengan penguasaan keterampilan Rebounding pada mata pelajaran Produktif Kecantikan Rambut siswa kelas XI KR SMK se-Karesidenan Madiun. (3) Hubungan motivasi belajar dan hasil Praktik Kerja Industri secara simultan dengan penguasaan keterampilan Rebounding pada mata pelajaran Kecantikan Rambut siswa kelas XI KR SMK se-Karesidenan Madiun. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan dari variabel-variabel yang berbeda dalam suatu populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI KR SMK Negeri 2 Ngawi dan SMK Negeri 4 Madiun pada semester 3 dan 4 tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 108 siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket untuk mendapatkan data yang akurat. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling, sebanyak 83 siswa dari 108 siswa. Penelitian ini menggunakan taraf signifikansi (taraf kesalahan data) 5%, supaya hasil yang diperoleh dari penelitian ini sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan. Instrumen yang digunakan adalah adalah angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Motivasi mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan keterampilan rebonding peserta didik dengan sumbangan efektif pada kategori sedang yaitu sebesar 10,90%. (2) Hasil nilai prakerin mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan keterampilan rebonding peserta didik dengan sumbangan efektif pada kategori tinggi yaitu sebesar 58,79%. (3) Motivasi dan hasil nilai prakerin secara bersama-sama mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan keterampilan rebounding peserta didik dengan persamaan regresi Y = 1,510 + 0,161 X1 + 0,756 X2.. Nilai Prakerin memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap keterampilan rebounding dibandingkan dengan motivasi dilihat dari sumbangan relatifnya yakni 15,64% untuk motivasi, sedangkan untuk hasil prakerin adalah 84,36%. Kata Kunci : Motivasi belajar, Hasil Praktik Kerja Industri, Keterampilan Rebounding
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pasca Sarjana Pasca Sarjana > Magister Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Fransiska Meilani f |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 16:08 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 16:08 |
URI: | https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31949 |
Actions (login required)
View Item |