PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KUNJUNGAN INDUSTRI DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK NEGERI PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN

SETYOWATI, DWI (2017) PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KUNJUNGAN INDUSTRI DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK NEGERI PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (920Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menemukan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran (metode kunjungan industri dan metode ceramah) terhadap hasil belajar Kewirausahaan pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri Pringkuku; (2) Menemukan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa (motivasi rendah dan motivasi tinggi) terhadap hasil belajar Kewirausahaan pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri Pringkuku; (3) Menemukan ada tidaknya interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Kewirausahaan pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri Pringkuku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dan menggunakan desain faktorial 2x2. Subyek penelitian ini ialah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dipilih satu kelas, yaitu kelas XI Busana Butik SMK N Pringkuku Kabupaten Pacitan (n=34), sedangkan kelas kontrol (pengendali) dipilih satu, yaitu kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Nawangan Kabupaten Pacitan (n=34). Uji coba terhadap instrumen tes dan instrumen kuesioner dilakukan pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Analisis terhadap validitas dan reliabilitas instrumen tes menggunakan program ITEMAN Versi 3.00 dan analisis terhadap validitas dan reliabilitas instrumen kuesioner menggunakan program SPSS Versi 24. Uji terhadap hipotesis penelitian menggunakan program SPSS Versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran (metode kunjungan industri dan metode ceramah) terhadap hasil belajar Kewirausahaan pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri Pringkuku, hal ini ditunjukkan oleh nilai Fobs > Ftabel yaitu 7,016 > 3,99 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,010 < 0,05; (2) Ada perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa (motivasi rendah dan motivasi tinggi) terhadap hasil belajar Kewirausahaan pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri Pringkuku, hal ini ditunjukkan oleh nilai Fobs > Ftabel yaitu 31,721 > 3,99 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,000 < 0,05; (3) Ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Kewirausahaan pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri Pringkuku, hal ini ditunjukkan oleh nilai Fobs > Ftabel yaitu 6,017 > 3,99 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,017 < 0,05. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Ceramah, Kunjungan Industri, Hasil Belajar, Kewirausahaan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 17 Mar 2017 15:37
    Last Modified: 17 Mar 2017 15:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31943

    Actions (login required)

    View Item