AKUISISI LINTAS NEGARA DITINJAU DARI HUKUM PENANAMAN MODAL DI INDONESIA (Studi Kasus Bank Mutiara Diakuisisi Oleh J Trust Co. Ltd)

WULANSARI, BETA (2017) AKUISISI LINTAS NEGARA DITINJAU DARI HUKUM PENANAMAN MODAL DI INDONESIA (Studi Kasus Bank Mutiara Diakuisisi Oleh J Trust Co. Ltd). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (936Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Beta Wulansari. S321408001. Akuisisi Lintas Negara Ditinjau Dari Hukum Penanaman Modal di Indonesia (Studi Kasus Bank Mutiara Tbk Diakuisisi Oleh J TRUST Co. Ltd). Tesis: Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini mengkaji akuisisi lintas negara (cross border acquisition) sesuai dengan hukum penanaman modal mengenai kepemilikan saham di Indonesia dari studi kasus Bank Mutiara Tbk diakuisisi oleh J Trust Co. Ltd. dan perlindungan hukum perusahaan yang melakukan akuisisi lintas negara (cross border acquisition) menurut hukum penanaman modal di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif atau doktrinal dalam sifat penelitian preskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Bahan Hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan non-hukum. Teknik pengumpulan bahan hukum adalah studi kepustakaan. Analisis penulis menggunakan metode silogisme dan interpretasi dengan menggunakan pola pikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa tindakan akuisisi lintas negara (cross border acquisition) oleh suatu badan usaha di dalam negeri oleh suatu badan usaha di luar negeri tunduk pada hukum negara yang menjadi domisili badan usaha yang diambilalih, karena tindakan akuisisi lintas negara (cross border acquisition) tersebut dilakukan di luar yurisdiksi Indonesia maka hukum yang berlaku adalah hukum yang berada di negara perusahaan target akuisisi. Permasalahan akuisisi lintas negara (cross border acquisition) pada perusahaan J Trust Co.,Ltd. yang menjadi Pemegang Saham Pengendali (PSP) Bank Mutiara Tbk tidak melanggar hukum akuisisi di Indonesia karena untuk penyelamatan dan perlindungan pemegang saham minoritas akibat Bank Mutiara Tbk diakuisisi oleh J Trust Co. Ltd. menurut hukum penanaman modal di Indonesia. Implikasi dari penelitian ini adalah akuisisi lintas negara (cross border acquisition) membuka wawasan dan pemikiran bagi dilakukannya pembaharuan hukum penanaman modal menjadi lebih jelas dan tegas. Sehingga supaya tujuan untuk pengendalian dan kepemilikan saham dari perusahaan target akuisisi tidak merugikan pihak perusahaan yang diakuisisi. Selain itu, perlindungan hukum pemegang saham minoritas sesuai prinsip satu saham satu suara sehingga menimbulkan hak dissenting opinion dan hak appraisal yang mengakibatkan J Trust Co. Ltd. wajib membeli saham pemegang saham minoritas. Kata Kunci: Akuisisi Lintas Negara, Hukum Penanaman Modal, Pemegang Saham Minoritas

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Hukum - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 16 Mar 2017 14:30
    Last Modified: 16 Mar 2017 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31928

    Actions (login required)

    View Item