Perancangan Horizontal Axis Windpump dengan Kapasitas 65 Liter/menit pada Rentang Kecepatan Angin 4-6 m/s di Pulau Karimunjawa Kabupaten Jepara

Premono, Bagus Surya (2017) Perancangan Horizontal Axis Windpump dengan Kapasitas 65 Liter/menit pada Rentang Kecepatan Angin 4-6 m/s di Pulau Karimunjawa Kabupaten Jepara. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (936Kb)

    Abstract

    Keterbatasan air menjadi masalah yang cukup serius di beberapa wilayah di Indonesia. Rasio elektrifikasi yang masih kecil dan tidak meratanya persebaran energi listrik menjadi salah satu penyebab. Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, pulau Karimunjawa masih memiliki beberapa kendala, salah satunya adalah belum tersuplai listrik secara penuh yang mengakibatkan keterbatasan air di wilayah tersebut. Energi terbarukan merupakan solusi untuk mengatasi kendala keterbatasan air yang terjadi. Dengan potensi angin berada pada rentang 4-6 m/s, pulau Karimunjawa dipilih sebagai lokasi perancangan Windpump sumbu horisontal dengan kapasitas 65 liter/menit. Data angin diperoleh dari Stasiun BMKG Meteorologi Maritim Semarang dengan rentang data sepanjang tahun 2014. Analisa data angin dilakukan dengan metode Weibull. Dari analisa data angin yang telah dilakukan, diperoleh nilai kecepatan angin rata-rata (Vm), parameter bentuk (k) dan parameter skala (c) masing-masing adalah 5,61 m/s; 3,38 dan 5,93 m/s. Nilai koefisien daya (Cp) dan rasio kecepatan pada ujung (λ) yang digunakan masing-masing adalah 0,3 dan 1. Desain sudu yang digunakan adalah sudu berbentuk melengkung dengan kelengkungan sebesar 10%, sudut serang 40o dan jumlah sudu 18 buah. Dari hasil perancangan diperoleh luas sapuan rotor sebesar 8,8 m2; diameter sudu 3,4 m; rasio transmisi 0,56 dan tinggi hub sebesar 15 m.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 16 Mar 2017 14:26
    Last Modified: 16 Mar 2017 14:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31927

    Actions (login required)

    View Item